Mengutuk dan Menghujat Tuhan

 



Senin, 6 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 22-24


Imamat 24:15-16 (TB)  Engkau harus mengatakan kepada orang Israel, begini: Setiap orang yang mengutuki Allah harus menanggung kesalahannya sendiri.

Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu. Baik orang asing maupun orang Israel asli, bila ia menghujat nama TUHAN, haruslah dihukum mati. 


Nama Tuhan adalah kudus dan nama adalah pribadi. Menyebut nama Tuhan berarti memanggil Tuhan atau mempercakapkan tentang Dia. Menguduskan atau memuliakan nama Tuhan berarti berbicara tentang segala sesuatu yang baik dan berkenan tentang Dia. Sebaliknya mengutuk atau menghujat nama Tuhan adalah berbicara tentang segala sesuatu yang buruk dan tidak berkenan kepada Tuhan, bahkan yang dibenci dan merupakan kekejian bagi Tuhan.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengutuk memiliki arti mengatakan kutuk, menyumpahi atau melaknati. Sedangkan menghujat artinya mencaci maki dan mencela. Dengan demikian mengutuk Tuhan adalah mengucapkan kutuk kepada Tuhan, menyumpahi dan melaknati Tuhan. Sedangkan menghujat Tuhan adalah mencaci maki dan mencela Tuhan.


Mengutuk dan menghujat Tuhan adalah sebuah sikap dan tindakan yang melewati batas. Bukan hanya bicara yang buruk dan negatif tentang Dia, tetapi sudah melawan atau memberontak kepada Tuhan. Sebab itu hukuman pada waktu itu adalah dihukum mati atau dilontari batu.


Pada masa kini kita tidak perlu menjadi hakim untuk orang yang mengutuk atau menghujat Tuhan sebab Tuhan sendiri adalah hakimnya. Tuhan yang akan melakukan pembalasan kepada mereka. Tuhan tidak perlu dibela sebab Dia Maha Kuasa.


Ibrani 10:29-30 (TB)  Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia? 

Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."  


Banyak orang atau kelompok orang yang mengutuk dan menghujat nama Tuhan baik secara langsung maupun melalui media sosial. Santai saja, kasihilah dan doakanlah mereka maka Tuhan yang akan berperkara kepada mereka. Seperti ada firman Tuhan, ...


Matius 5:44 (TB)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.


Melalui renungan ini marilah kita belajar agar jangan sampai kita mengutuk dan menghujat nama Tuhan. Demikian juga kasihilah dan berdoalah untuk orang yang mengutuk atau menghujat nama Tuhan agar mereka menerima pengampunan dan keselamatan dari Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages