Penampian Di Padang Gurun

 



Sabtu, 18 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 31-33


Bilangan 32:11-12 (TB)  Bahwasanya orang-orang yang telah berjalan dari Mesir, yang berumur dua puluh tahun ke atas, tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, oleh karena mereka tidak mengikut Aku dengan sepenuh hatinya, 

kecuali Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, dan Yosua bin Nun, sebab keduanya mengikut TUHAN dengan sepenuh hatinya. 


Kata penampian dapat digambarkan sebagai seseorang yang sedang menyeleksi gandum ataupun padi. Benih yang berisi akan tertahan sedangkan yang kosong akan terbang diterpa oleh angin.


Salah satu alasan mengapa Tuhan membawa bangsa Israel berputar-putar di padang gurun selama 40 tahun adalah penampian. Mereka yang lahir di Mesir dan tidak taat kepada Tuhan akan mati di padang gurun kecuali Yosua dan Kaleb karena keduanya mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.


Berbagai pergumulan dalam hidup bisa dipandang sebagai proses penampian di padang gurun. Jika kita tetap setia dan taat serta mengikut Tuhan dengan sepenuh hati, maka kita akan memasuki tanah perjanjian, yaitu kehidupan yang penuh dengan kemuliaan Tuhan. Dalam proses penampian ini, Tuhan membentuk karakter kita semakin serupa dengan Kristus.


Pandanglah secara positif setiap pergumulan yang Tuhan ijinkan. Bukan karena Tuhan tidak mengasihi kita, melainkan Tuhan sedang membentuk kita menjadi bejana kemuliaan-Nya. Tetaplah setia dan taat maka kita akan menerima segala janji Tuhan. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages