Timbangan Yang Benar



Jumat, 28 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 25-27

Ulangan 25:15 (TB)  Haruslah ada padamu batu timbangan yang utuh dan tepat; haruslah ada padamu efa yang utuh dan tepat — supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

Salah satu modus jahat dalam mengambil keuntungan adalah dengan anak timbangan ganda. Berbagai kebutuhan misalnya sembako dan pakan ternak biasa dijual dengan ditimbang sebelumnya. Penjual yang tidak jujur menggunakan anak timbangan yang terlalu berat (tidak sesuai standar/tera) sehingga pembeli menerima berat yang lebih sedikit daripada yang seharusnya.

Keadaan tersebut telah diperingatkan Tuhan dalam kitab Taurat, yaitu jangan menggunakan batu timbangan atau efa yang ganda. Dalam hal ini dikatakan bahwa mereka berbuat curang.
Ulangan 25:16 (TB)  Sebab setiap orang yang melakukan hal yang demikian, setiap orang yang berbuat curang, adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu."

Orang-orang yang jujur, menggunakan batu timbangan atau efa yang utuh dan tepat akan menerima berkat, salah satunya adalah panjang umur. (Ulangan 25:15).

Kejujuran dalam bisnis bukan hanya dilihat dari batu timbangan atau efa yang tepat, tetapi apakah menggunakan data yang benar atau dimanipulasi. Memanipulasi data dan spesifikasi, baik berupa penawaran, pelaksanaan maupun pelaporan merupakan tindakan yang tidak jujur.

Tujuan dalam berbisnis adalah mencari keuntungan, namun demikian tidak boleh melakukan tindakan yang curang. Sebagai karyawan maupun pengusaha, marilah kita menegakkan nilai-nilai Alkitabiah dalam berbisnis sehingga mendatangkan berkat bagi kita dan nama Tuhan dimuliakan. Tuhan memberkati, Greater Blessing. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages