Sunat Hati





Sabtu, 29 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 28-30

Ulangan 30:6 (TB)  Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.

Dasar dari sunat jasmani dalam Perjanjian Lama adalah sebagai tanda dengan memotong tubuh yang najis sehingga menjadi kudus bagi Tuhan. Sedangkan dalam Perjanjian Baru berlaku sunat rohani yaitu menanggalkan dosa dan keinginannya di dalam hati supaya hati dipenuhi dengan kekudusan dan takut akan Tuhan.
Roma 2:29 (TB)  Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah. 

Berikut ini beberapa ayat bahwa kita harus menanggalkan dosa dan sikap hati yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Efesus 4:22-24 (TB)  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,
supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Kolose 3:5-6, 8-9 (TB)  Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka].
Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 

Salah satu tujuan dari sunat hati selain kekudusan adalah supaya hidup kita lebih banyak berbuah bagi Tuhan.
Yohanes 15:2 (TB)  Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.


Marilah kita ijinkan Tuhan terus memproses hati kita, memotong segala keinginan hati yang berdosa dan membersihkan hati kita setiap hari dengan firman Tuhan supaya hidup kita semakin banyak berbuah. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages