Pemegang Janji



Sabtu, 22 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 7-9

Ulangan 7:12 (TB)  "Dan akan terjadi, karena kamu mendengarkan peraturan-peraturan itu serta melakukannya dengan setia, maka terhadap engkau TUHAN, Allahmu, akan memegang perjanjian dan kasih setia-Nya yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Sebuah kesepakatan yang diikat dengan perjanjian akan menjadi lebih kuat dan mengikat para pihak pembuat janji. Akan tetapi dosa telah membuat manusia merendahkan arti perjanjian dengan tidak mentaati dan melakukan apa yang telah diucapkan atau disepakati dalam perjanjian.

Sebagai TUHAN yang memegang perjanjian-Nya, Ia rindu kita semua menjadi orang-orang yang memegang perjanjian sama seperti Dia. Apa arti pemegang janji?

1. Mendengarkan firman Tuhan.

Artinya kita menjadikan firman Tuhan sebagai penuntun, pembimbing, pemberi nasehat dalam perjalanan iman. Mendengarkan juga berarti fokus pada firman-Nya, bukan pada kenyataan atau prinsip dan filosofi dunia. Mendengarkan juga berarti percaya bahwa firman Tuhan itu hidup dan berbicara kepada kita.

2 Korintus 5:7 (TB)  — sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat —

2. Melakukan firman Tuhan dengan setia.

Pemenang janji adalah orang-orang yang melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Yakobus 1:22 (TB)  Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Ketika Tuhan mendapati orang-orang yang memegang perjanjian dengan setia yaitu mendengarkan dan melakukan firman Tuhan, maka Ia akan menggenapi janji-Nya dan mencurahkan berkat-Nya.

Ulangan 7:13-15 (TB)  Ia akan mengasihi engkau, memberkati engkau dan membuat engkau banyak; Ia akan memberkati buah kandunganmu dan hasil bumimu, gandum dan anggur serta minyakmu, anak lembu sapimu dan anak kambing dombamu, di tanah yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
Engkau akan diberkati lebih dari pada segala bangsa: tidak akan ada laki-laki atau perempuan yang mandul di antaramu, ataupun di antara hewanmu.
TUHAN akan menjauhkan segala penyakit dari padamu, dan tidak ada satu dari wabah celaka yang kaukenal di Mesir itu akan ditimpakan-Nya kepadamu, tetapi Ia akan mendatangkannya kepada semua orang yang membenci engkau.

Jadilah pemegang janji yang setia dan alami berkat Tuhan yang dahsyat dalam tahun Greater Blessing. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages