Berbagi Cerita Kepada Anak-anak





Kamis, 20 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 1-3

Ulangan 1:1 (TB)  Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab.

Kitab Ulangan merupakan kitab yang kembali menceritakan perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Musa berbagi kisah kepada generasi baru dari bangsa Israel yang lahir dalam perjalanan di padang gurun. Mereka tidak tahu latar belakang dan peristiwa yang terjadi sebelum mereka lahir, maupun hukum dan peraturan yang diberikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu Tuhan menyuruh Musa untuk berbicara tentang sejarah dan pengalamannya memimpin bangsa Israel.

Sejak kecil saya terbiasa mendengar cerita dari orang tua tentang pengalaman hidup mereka. Sebelum tidur biasanya mereka bercerita tentang siapa saja keluarga besar, hubungan satu dengan yang lain, maupun kisah-kisah menarik yang pernah terjadi sambil menuturkan nasihat kepada saya. Setelah saya menjadi orang tua, saya pun menggunakan kesempatan baik di rumah maupun perjalanan untuk berbagi cerita pengalaman hidup dengan anak saya.

Apa tujuan berbagi pengalaman kepada anak-anak?

1. Supaya anak-anak menghargai perjuangan orang tua yang telah membesarkan mereka.

2. Supaya anak-anak tidak melakukan kesalahan yang pernah orang tua lakukan.

3. Supaya anak-anak menjadi lebih baik dari pada orang tuanya.

4. Supaya anak-anak melihat kebaikan Tuhan, mengucap syukur dan hidup berkenan kepada Tuhan dan tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri.

Amsal 22:6 (TB)  Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Efesus 6:4 (TB)  Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Para orang tua, didiklah anak-anakmu dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Janganlah peranmu digantikan oleh lingkungan, pergaulan atau internet yang bisa menjerumuskan anak cucu kita. Tuhan memberkati, Greater Blessing. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages