Listening Well




Minggu, 23 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 10-12

Ulangan 12:28 (TB)  Dengarkanlah baik-baik segala yang kuperintahkan kepadamu, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian untuk selama-lamanya, apabila engkau melakukan apa yang baik dan benar di mata TUHAN, Allahmu."

Dalam acara outbond pemuda gereja ada titik stasi, dengan topik "listening well" atau mendengar dengan baik. Peraturannya seluruh perintah dalam stasi ini hanya diucapkan maksimal dua kali. Dengan demikian setiap kelompok peserta harus mendengarkan dan memperhatikan dengan baik. Maka terjadilah ada kelompok yang mendengarkan dengan baik dan cermat. Adapula kelompok yang sembrono atau tidak serius mendengarkannya. Akibatnya kelompok yang sembrono tersesat jalannya dan tidak membuat karya seperti yang diperintahkan. Sebaliknya kelompok yang mendengar dengan baik dan cermat, sampai kepada tujuan dan melakukan seperti yang diperintahkan.

Musa berpesan kepada bangsa Israel agar mereka mendengarkan dengan baik-baik segala perintah Tuhan yang disampaikan melalui dirinya.

Apa manfaat "listening well" atau mendengar dengan baik?

1. Dapat melakukan yang baik dan benar di mata Tuhan.
Mendengar dengan baik akan memberikan arahan dan tuntunan yang tepat dalam sikap laku maupun perbuatan. Kita perlu berada dalam gereja yang sehat atau komunitas Kristen yang baik supaya bisa mendengar dengan baik. Penting sekali terhisap dalam gereja lokal sehingga kita bisa bertumbuh dan menjadi seperti yang Tuhan mau. Gereja lokal dan komunitas Kristen yang sehat juga akan melindungi kita dari segala pencobaan yang akan membawa kita ke dalam dosa.

2. Baik keadaanmu dan anak cucumu selama-lamanya.
Jonathan Edward bersama istri adalah hamba Tuhan yang setia dan giat dalam pelayanan. Semua keturunannya menjadi orang-orang yang berhasil, berdampak besar bagi masyarakat dan negara. Kuncinya adalah Jonathan Edward dan istri yang mendengarkan firman Tuhan dengan baik dan melakukannya.
Banyak orang Kristen ingin anak cucunya diberkati, tetapi hidupnya tidak mau menjadi teladan iman bagi anak cucunya.
Jika Anda rindu anak cucumu diberkati, mulailah dari diri Anda, hiduplah setia dan takut akan Tuhan.
Mazmur 112:2 (TB)  Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.


Pada hari ini, jika firman Tuhan ini berbicara kepada Anda, buatlah keputusan dengan komitmen untuk mendengarkan firman Tuhan dengan baik-baik dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Buatlah keputusan untuk menjadi bagian dari gereja yang sehat yang memungkinkan Anda bertumbuh dan berbuah di dalam kehendak Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah ... Greater Blessing. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages