Bebas Hutang




Senin, 24 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 13-15

Ulangan 15:6 (TB)  Apabila TUHAN, Allahmu, memberkati engkau, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, maka engkau akan memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak akan meminta pinjaman; engkau akan menguasai banyak bangsa, tetapi mereka tidak akan menguasai engkau.

Salah satu berkat yang harus kita imani adalah bebas hutang. Sebab hutang merupakan salah satu bentuk ikatan atau penguasaan pihak lain terhadap kehidupan kita. Sekalipun dalam bisnis terkadang hutang menjadi alat untuk mengembangkan usaha, tetapi jujur apabila memiliki modal sendiri akan lebih damai sejahtera bila kita tidak berhutang.

Jika Anda tidak memiliki hutang, pertahankan posisi Anda. Jangan sampai berhutang bahkan sebaliknya memberi pinjaman. Memberi pinjaman yang dimaksud bukan selalu kepada orang lain, tetapi bisa berupa investasi kepada bank misalnya deposito atau berupa saham kepada perusahaan. Ini berarti bank atau perusahaan yang berhutang kepada Anda.

Jika Anda memiliki hutang, berusahalah terus-menerus mengurangi hutang Anda.
Berikut beberapa tips untuk mengurangi hutang.

1. Jangan menggunakan hutang untuk gaya hidup yang konsumtif (boros), sebaliknya berhemat agar bisa membayar sampai lunas.

2. Jangan menambah hutang baru.
Jangan memiliki mentalitas untuk memenuhi kebutuhan berarti harus meminta pinjaman, sebaiknya berdoa dan berusaha dengan cara lain terlebih dahulu. Mintalah hikmat Tuhan 

untuk bekerja lebih cerdas atau kerja sampingan yang menghasilkan berkat.
3. Prioritaskan pembayaran hutang lebih dahulu untuk pinjaman dengan bunga yang tinggi.

Ibrani 13:5 (TB)  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." 


Bagaimanapun juga salah satu tanda financial freedom (kebebasan keuangan) adalah bebas dari hutang. Oleh sebab itu apapun keadaan kita, jadikanlah bebas dari hutang menjadi impian dan tujuan yang harus kita capai. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages