Gaya Hidup Mencintai Firman Tuhan





Jumat, 21 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 4-6

Ulangan 6:6-7 (TB)  Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, 
haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Bangsa Yahudi sekalipun wilayahnya kecil  tetapi memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia. Memiliki ekonomi yang sangat kuat bahkan bisa mempengaruhi ekonomi dunia, memiliki angkatan bersenjata yang canggih yang ditakuti bangsa-bangsa lain dan mengekspor produk-produk pertanian yang berkualitas sekalipun banyak padang pasirnya. Ribuan ilmuwan, penemu teori, farmasi maupun peralatan yang dipatenkan berasal dari bangsa Yahudi. Mengapa bangsa Yahudi cerdas, kaya dan pintar?

Rupanya pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan ayat renungan di atas. Orang Yahudi telah menjadikan Taurat Tuhan sebagai gaya hidup mereka. Anak-anak membaca pertama kali dari Taurat dan terus-menerus diajarkan Taurat sampai masa tua. Setiap keluarga tidak henti-hentinya mengajarkan dan mengingatkan anggota keluarganya untuk beribadah, membaca dan mempelajari Taurat.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah menjadikan firman Tuhan sebagai gaya hidup kita? Apakah kita sudah terus-menerus mengajarkan kepada keluarga kita tentang firman Tuhan dan ibadah? Seringkali kita putus asa dan berhenti melakukan setelah satu atau beberapa kali mengajak dan mengingatkan keluarga kita untuk berdoa, membaca firman Tuhan dan beribadah. Tetapi hari ini pesan firman Tuhan, lakukanlah terus-menerus, ajarkanlah berulang-ulang kepada anak-anak supaya mereka berhikmat dan menjadi berhasil dalam hidupnya.

Daud menulis dalam Mazmur tentang manfaat merenungkan firman Tuhan.
Mazmur 1:2-3 (TB)  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada 
musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Tuhan berpesan kepada Yosua supaya perjalanannya berhasil dan beruntung dengan cara terus memperkatakan, merenungkan dan melakukan firman Tuhan.
Yosua 1:8 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Bila kita rindu keluarga kita diberkati, anak-anak kita berhasil dalam hidupnya ... kuncinya hanya satu yaitu jadikanlah mencintai firman Tuhan sebagai gaya hidup bukan program. Program akan membuat kita bosan dan lupa, tetapi gaya hidup akan melekat dalam diri kita selamanya. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages