Pertumbuhan Minus





Minggu, 16 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 25-27

Bilangan 26:51 (TB)  Itulah orang-orang yang dicatat dari orang Israel, enam ratus satu ribu tujuh ratus tiga puluh orang banyaknya.

Kitab Bilangan memang sarat dengan angka-angka. Tuhan kembali menyuruh Musa menghitung tentara (laskar Israel). Pertumbuhan minus atau negatif artinya berkurang. Jumlah mereka dalam sensus atau perhitungan sebelumnya adalah 603.550 orang, tetapi dalam sensus kedua jumlahnya hanya 601.730 orang atau berkurang 1.820 orang. Pertumbuhannya minus 0.3%.
Bilangan 1:45-46 (TB)  Jadi semua orang Israel yang dicatat menurut suku-suku mereka, yaitu orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang di antara orang Israel, berjumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang.

Mengapa orang-orang Israel mengalami pertumbuhan minus? Sebab mereka telah berzinah dengan menyembah kepada Baal-Peor. Jumlah mereka yang mati karena tulah (hukuman) akibat dosa mereka adalah 24.000 orang.
Bilangan 25:9 (TB)  Orang yang mati karena tulah itu ada dua puluh empat ribu orang banyaknya. Seandainya orang-orang Israel tidak menyembah kepada Baal-Peor jumlah mereka menjadi 627.550 atau mengalami pertumbuhan positif 3%.

Apa yang dapat kita pelajari dari peristiwa tersebut?
Penyembahan berhala secara signifikan mendatangkan hukuman dalam kehidupan kita sehingga mengakibatkan pertumbuhan minus (negatif). Segala yang ada pada kita bisa menjadi berkurang baik sukacita dan berkat Tuhan dalam keluarga, pekerjaan, studi, pelayanan dan kesehatan. Supaya tidak mengalami pertumbuhan minus, jangan sekali-kali terlibat dalam dosa penyembahan berhala, sebab akan mendatangkan kutuk dan mengakibatkan minus (kerugian) dalam kehidupan kita. Selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages