The Secret Place




Kamis, 13 Pebruari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 16-18

Bilangan 17:4 (TB)  Kemudian haruslah kauletakkan semuanya itu di dalam Kemah Pertemuan di hadapan tabut hukum, tempat Aku biasa bertemu dengan kamu.

Secret place berarti tempat rahasia, dalam hal ini Musa memiliki tempat rahasia di mana hanya ia dan TUHAN yang bisa mengakses tempat tersebut. Begitu kudusnya tempat itu sehingga orang lain pasti akan mati bila memasukinya. Dalam struktur Kemah Suci, tempat rahasia yang dimaksud adalah ruang Maha Kudus di mana diletakkan Tabut Allah.

Menarik istilah yang dipakai TUHAN untuk menyebut tempat rahasia tersebut yaitu "tempat Aku biasa bertemu dengan kamu". Hal-hal apa saja yang bisa kita pelajari dari tempat rahasia ini?

1. Kunci untuk masuk dalam tempat rahasia adalah kasih karunia.

Kasih karunia menjawab syarat kekudusan untuk berjumpa dengan TUHAN. Musa sebagai manusia tentu ia memiliki kekurangan dan dosa. Sebenarnya ia bisa mati ketika berjumpa dengan TUHAN. Tetapi Musa tetap hidup sebab ia telah dipilih, dikuduskan dan diperkenan oleh TUHAN.

Pada konteks saat ini, tempat rahasia itu bukan hanya milik Musa saja tetapi bagi setiap orang percaya yang telah diselamatkan oleh darah Tuhan Yesus. Kita dapat datang kepada TUHAN bukan karena persembahan yang kita bawa, tetapi karena kasih karunia yang telah melayakkan kita.

2. Jadikan tempat rahasia sebagai tempat yang senantiasa digunakan berjumpa dengan TUHAN.

Perjumpaan Musa dengan TUHAN bukan dilakukan satu kali tetapi setiap kali, setiap hari bahkan setiap saat ada perkara yang Musa tanyakan kepada TUHAN. Kata "tempat biasa" menunjukkan suatu tempat yang sudah "familiar" atau tidak asing lagi bagi TUHAN dan Musa.

Dalam konteks saat ini, kita dapat menyediakan saat teduh (waktu teduh) untuk bersekutu dengan TUHAN. Kita bisa memuji, menyembah, berdoa dan merenungkan firman TUHAN. Inilah sesungguhnya tempat rahasia (secret place) bagi kita. Sebuah waktu yang indah, bisa juga tempat yang dikhususkan untuk saat teduh pribadi. Dalam saat teduh, kita bisa bersekutu dan mendengar suara TUHAN.

Milikilah "secret place" (tempat rahasia) bersekutu dengan Tuhan setiap hari. Sediakan waktu setiap hari untuk bersekutu dengan Tuhan. Jadikanlah menjadi waktu teduh di mana hanya Anda dan Tuhan yang menikmati persekutuan ini. Terimalah berkat terbesar dalam tempat rahasia, Anda akan dikuatkan, diberkati, senantiasa mengalami sukacita dan damai sejahtera sepanjang hari. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages