Pulang Ke Kandang



Kamis, 5 September 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 19-21

Yehezkiel 20:37 (TB)  Aku akan membiarkan kamu lewat dari bawah tongkat gembala-Ku dan memasukkan kamu ke kandang dengan menghitung kamu.

Orang percaya digambarkan sebagai domba-domba Allah dan Tuhan sendiri adalah gembalanya. Dalam Yehezkiel 20 ini diceritakan bahwa bangsa Israel seringkali tersesat dengan cara menyembah kepada berhala-berhala. Tetapi kasih setia Tuhan mencari dan menyelamatkan mereka serta mengembalikan mereka kembali dalam persekutuan dengan Tuhan.

1. Tuhan mencari domba yang terhilang.
Dalam Perjanjian Baru, Yesus juga memberikan perumpamaan tentang domba yang hilang. Sang gembala akan mencari seekor domba yang terhilang sampai ditemukan. Setelah ditemukan kemudian diadakan pesta untuk merayakan kembalinya domba tersebut. Alkitab menegaskan, bila satu orang bertobat maka ada sukacita yang besar di sorga. (Lukas 15:7)

2. Domba yang hilang kembali dimasukkan dalam kandang.
Salah satu kelemahan domba, ia akan lemah dan mudah diserang singa, serigala atau beruang (musuh) bila sendirian. Itulah sebabnya Sang Gembala memasukkan domba ke dalam kandang. Kandang berbicara tentang persekutuan dengan Tuhan dan persekutuan dengan orang percaya (gereja). Iblis terlebih suka mencobai orang yang sendirian tanpa orang lain yang menjaganya.
1 Petrus 5:8 (TB)  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
Jika kita bersama kawanan (komunitas) orang percaya dan Tuhan menggembalakan kita maka kita dalam penjagaan dan perlindungan Tuhan. Tetapi jika kita meninggalkan berarti kita masuk ke dalam zona bahaya dan menjadi domba yang terhilang.

3. Apakah Anda termasuk domba yang terhilang?
Menarik untuk dibedakan antara istilah domba dan kambing. Alkitab memakai kata domba untuk menggambarkan umat Tuhan. Sedangkan kambing dipakai untuk bukan umat Tuhan, misalnya kambing domba Kedar dan Nebayot sebagai keturunan Ismail. Secara spesifik domba lebih menggambarkan umat Tuhan yang terhilang. Mengapa mereka terhilang?
A. Tidak memiliki persekutuan dengan Tuhan karena merasa mampu hidup sendiri.
B. Terikat oleh kuasa dosa sehingga mereka tidak mampu kembali kepada Tuhan dan kawanan umat-Nya.
C. Menjauhkan diri dari komunitas orang percaya (gereja) karena kekecewaan dan kepahitan.
Ibrani 10:25 (TB)  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.


Intinya adalah jika Anda sedang merasakan sebagai domba yang hilang, yaitu jauh dari persekutuan dengan Tuhan dan gereja-Nya, inilah waktunya untuk kembali ke kandang. Tuhan memanggil Anda dan rindu memulihkan serta memberkati Anda. Terimalah kasih-Nya dan nikmati semua pemeliharaan-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages