Lambang Periuk Yang Berkarat



Jumat, 6 September 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 22-24

Yehezkiel 24:11-12 (TB)  Letakkanlah periuk itu kosong di atas bara api, supaya itu dibakar dan tembaganya menjadi merah, sehingga kotorannya hancur di dalamnya dan karatnya hilang.
Aku bersusah payah dengan sia-sia, sebab karatnya yang tebal tidak mau hilang dari padanya, biar dalam api.

Periuk terbuat dari tembaga. Untuk membersihkan dari karat biasanya dipanaskan dalam keadaan kosong supaya karat-karatnya menjadi lepas dan periuk menjadi kembali bersih. Tetapi dalam Yehezkiel 24, diceritakan periuk yang berkarat itu susah dibersihkan, bahkan karatnya yang tebal tidak mau hilang daripadanya, biar dalam api.

Apa yang dimaksud dengan gambaran periuk yang berkarat? Periuk yang berkarat melambangkan seseorang yang terikat dalam dosa kemesuman, percabulan dan perzinahan. Bahkan dalam Yehezkiel 22-23, semua bentuk kemesuman telah dilakukan kepada bangsa-bangsa, lebih lagi menjadi ritual dalam penyembahan kepada berhala. Itulah sebabnya kemesuman semacam ini sulit untuk dilepaskan. Mengapa?

1. Mengikat roh manusia.
Karena menjadi bagian dalam penyembahan berhala, maka kemesuman mengikat roh manusia sehingga sulit dilepaskan. Ada orang-orang yang melakukan kemesuman sebagai manifestasi untuk memperoleh kekayaan, kesaktian dan kesuksesan. Sebagai contoh, ritual mencari pesugihan di Gunung Kemukus mensyaratkan pria dan wanita yang bukan suami istri berhubungan intim di sana demi memperoleh kekayaan.

Hosea 5:4 (TB)  Perbuatan-perbuatan mereka tidak mengizinkan mereka berbalik kepada Allah mereka, sebab roh perzinahan ada di antara mereka, dan mereka tidak mengenal TUHAN.

2. Mengikat jiwa manusia.
Jiwa manusia meliputi pikiran, perasaan dan kehendak (keinginan). Seseorang yang terikat dalam dosa kemesuman (perzinahan), maka pikirannya dipenuhi dengan hal-hal yang cabul, perasaannya akan senang bila melakukan kemesuman dan keinginannya semata-mata adalah untuk melampiaskan hasrat birahinya kepada lawan jenis yang bukan suami/istriya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang terikat dosa kemesuman (perzinahan), maka sel-sel otaknya mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berpikir positif, benar dan kudus. Bila sudah dalam keadaan akut, maka sulit dilepaskan.

3. Mengikat tubuh manusia.
Tubuh yang dimaksud adalah keinginan daging yaitu memuaskan hasrat birahinya dengan tidak terkendali.
Roma 8:6 (TB)  Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
Keinginan daging yang mengikat tubuh manusia akan membawa kepada maut (kematian), yaitu terpisah dari Tuhan.
Orang yang biasa melakukan kemesuman (perzinahan), seperti mengalami kecanduan dalam tubuhnya yang sulit dilepaskan.

Fenomena kemesuman, percabulan dan perzinahan yang diceritakan di Alkitab.

Roma 1:27 (TB)  Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.

Yudas 1:7 (TB)  sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang. 

1 Korintus 5:1 (TB)  Memang orang mendengar, bahwa ada percabulan di antara kamu, dan percabulan yang begitu rupa, seperti yang tidak terdapat sekalipun di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan isteri ayahnya.

Sekalipun dosa kemesuman, percabulan dan perzinahan sulit dilepaskan tetapi tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Bila seseorang bertobat sungguh-sungguh, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta hidup dalam persekutuan dengan orang kudus, tidak mustahil dapat dilepaskan dari ikatan kemesuman, percabulan dan perzinahan.
Bila ada yang terikat dengan dosa-dosa tersebut segeralah bertobat sebelum membawa ke dalam maut. Tuhan menginginkan periuk yang bersih dari karat. Tuhan ingin tubuh kita disucikan dari segala bentuk kemesuman, percabulan dan perzinahan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages