Gunung Berkat



Selasa, 10 September 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 34-36

Yehezkiel 34:26 (TB)  Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat.

Gunung berbicara tentang tempat yang tinggi dan perlu usaha untuk mencapainya. Musa bersekutu dengan Tuhan di gunung Sinai, Abraham mempersembahkan Ishak di gunung Moria, Elia berdoa untuk hujan di gunung Karmel, bahtera Nuh kandas di gunung Ararat, Yesus berdoa di bukit Getsemane dan disalib di bukit Golgota.

Sesungguhnya apa yang dimaksud dengan gunung?

1. Tempat yang kudus.
Jika Tuhan memerintahkan hamba-hamba-Nya naik ke gunung, itu berarti mereka harus memisahkan diri dari keduniawian dan hidup dalam kekudusan.
Kolose 3:1-2 (TB)  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

2. Persekutuan dengan Tuhan
Untuk mengalami persekutuan dengan Tuhan membutuhkan kemauan dan komitmen, bukan sekedar ikut-ikutan.
Matius 14:23 (TB)  Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.
Motivasi dalam berdoa bukanlah semangat ketika bersama orang lain, tetapi dalam kesendirian bersama Tuhan.

Berkat yang Tuhan sediakan bagi setiap orang yang naik ke gunung Tuhan.
1. Tuhan akan menurunkan hujan berkat.
2. Tuhan akan menjadikan mereka yang bersekutu dengan Tuhan menjadi berkat.
Jangan hanya berpikir berkat itu hanya materi, melainkan lebih luas yaitu jasmani dan rohani. Ada sukacita, damai sejahtera , iman dan kekuatan ketika kita tinggal bersama Tuhan. Semua itu bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Iblis berusaha menyaingi Allah dan menyesatkan manusia. Ia menyediakan berkat bagi orang-orang yang mau menyembah setan di gunung-gunung yang tinggi. Ada gunung Kawi, gunung Kemukus, gunung Lawu dan banyak tempat tinggi yang lain. Semua yang diberikan oleh iblis adalah semu dan menuntut korban.

Sebaliknya berkat sejati berasal dari Tuhan dalam kekudusan dan damai sejahtera. Tuhan memberkati umat-Nya yang naik ke tempat tinggi, yaitu hidup dalam kekudusan dan persekutuan bersama-Nya. Tinggal bersama Tuhan akan menikmati semua berkat dan anugerah-Nya.

Matius 6:33 (TB)  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages