Pembaharuan Hidup



Senin, 2 September 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 10-12

Yehezkiel 11:19-20 (TB)  Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,
supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Salah satu penyebab bangsa Israel masih mendua hati dengan menyembah berhala karena mereka masih mengenakan manusia lama. Manusia lama terdiri dari hati dan roh yang lama dikuasai dosa sehingga cenderung tidak taat dan memberontak kepada Tuhan.

A. Janji pembaharuan dari Tuhan:
1. Memberikan hati yang lain
2. Memberikan roh yang baru
3. Menjauhkan hati yang keras
4. Memberikan hati yang taat.

Mengapa pembaharuan pada area hati yang roh?
Amsal 20:27 (TB)  Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.
Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Disebutkan dalam dua ayat tersebut bahwa roh manusia adalah pelita Tuhan yang menerangi hati. Jika roh yang lama dikuasai dosa maka hidup manusia dalam kegelapan. Tetapi roh yang baru dari Tuhan dikuasai oleh Roh Kudus sehingga manusia hidup dalam terang firman Tuhan. Dampaknya adalah hati yang taat dan terjaga kekudusannya. Dari hati yang kudus dan taat akan termanifestasi kepada pikiran, perkataan dan perbuatan yang kudus.

B. Tujuan pembaharuan dari Tuhan:
1. Supaya hidup sesuai firman Tuhan
2. Supaya menjadi umat Tuhan dan Tuhan menjadi Allah mereka.

Dosa membuat manusia tidak dapat mentaati firman Tuhan.
Mazmur 119:107 (TB)  Aku sangat tertindas, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.
Daud berulang kali memohon kepada Tuhan, sebab hati dan rohnya tertindas oleh keinginan daging. Pergumulan Daud sesungguhnya bukan hanya dikejar-kejar musuhnya, tetapi konflik batin yang menawarkan kesempatan untuk berbuat dosa.

Roma 8:6 (TB)  Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
Galatia 5:16 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Ketika seseorang hidup dalam Roh (dipimpin oleh Roh Kudus), maka ia akan dimampukan untuk mengalahkan keinginan daging dan hidup dalam damai sejahtera.

Imamat 19:2 (TB)  "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus. 
Syarat utama untuk menyembah Tuhan dan bersekutu dengan Tuhan adalah hidup dalam kekudusan sehingga bisa menjadi umat Tuhan dan Ia akan menjadi Allah, pusat penyembahan umat Tuhan.

Sampai saat ini dan akhir zaman, agenda Tuhan adalah membaharui umat-Nya. Tujuannya adalah membuat generasi umat Tuhan yang taat dan menyembah Tuhan. Kita adalah objek yang sedang Tuhan kerjakan. Oleh sebab itu marilah kita senantiasa datang kepada Tuhan agar Ia bisa membaharui roh dan hati kita. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages