Membuka Lembaran Baru



Jumat, 20 September 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 7-10

Hosea 10:12 (TB)  Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari TUHAN, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan.

Nabi Hosea kembali dipakai Tuhan untuk menyingkapkan kejahatan bangsa Israel. Penyembahan berhala, perzinahan, kemabukan dan kesombongan telah membuat mereka menerima kutuk dan jauh dari persekutuan dengan Tuhan.
Namun dalam Hosea 10:12, memberikan nasehat agar bangsa Israel membuka tanah baru, yaitu membuka lembaran hidup yang baru. Apakah artinya?

1. Bertobat dari segala dosa di masa lalu.
Dosa mengandung konsekuensi yang serius yaitu hukuman, bahkan maut yaitu kematian yang terpisah dari Allah.
Roma 6:23 (TB)  Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
1 Petrus 2:1-2 (TB)  Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan.

2. Fokus kepada Kristus
Hosea memberi pesan bahwa sudah waktunya mencari Tuhan, sampai pemulihan terjadi.
2 Korintus 5:17 (TB)  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
Filipi 3:13-14 (TB)  Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Dalam membuka lembaran hidup yang baru harus disertai dengan komitmen untuk meninggalkan manusia lama dan kesungguhan mengenakan manusia baru dalam Kristus Yesus.
Efesus 4:22-24 (TB)  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.


Membuka lembaran hidup yang baru tidak semudah membuka lembaran buku. Diperlukan komitmen dan dedikasi hidup yang total kepada Tuhan. Oleh sebab itu janganlah mengandalkan kekuatan sendiri, melainkan selalu meminta kasih karunia Tuhan agar memampukan kita hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages