Tuhan Pembuat Jalan



Sabtu, 3 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 43-45

Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia telah membuat kita terkagum betapa seriusnya pemerintah mengejar ketertinggalan pembangunan. Ribuan kilometer jalan tol dibangun kurang dari lima tahun. Demikian pula pembangunan bendungan, dam dan pelabuhan serta berbagai proyek strategis lainnya.

Kitab Yesaya 43 menuliskan keseriusan Tuhan membangun infrastruktur bagi manusia yang secara akal mustahil. Pembangunan jalan dan sungai yang ditulis dalam Yesaya 43:19 menggambarkan tentang pekerjaan Allah bagi kita.

1. Tuhan menciptakan masa depan yang baru.
Yesaya 43:19a (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya?
Kata sesuatu yang baru berbicara tentang karya Tuhan untuk masa depan. Dia menyediakan masa depan yang baru. Jangan ingat-ingat lagi kegagalan atau kehidupan suram di masa lalu. Sebaliknya fokuskan iman kita untuk meraih dan hidup dalam masa depan yang cerah, yang Tuhan telah sediakan bagi kita.

2. Tuhan melakukan perkara yang mustahil.
"Tuhan hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara." Secara manusia pekerjaan tersebut adalah mustahil bagi manusia, tetapi tidak mustahil bagi Tuhan. Jangan pesimis dan berkata tidak mungkin. Percayalah bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Sadarilah tangan Tuhan yang tak terlihat sedang bekerja untuk menyediakan jalan keluar bagi kita. Ia sedang membuat "sungai" yaitu kehidupan yang segar dan berlimpah bagi kita.

Saat tiada jalan hadapi persoalan, percayalah Tuhan sedang bekerja membuat jalan bagi kita. Dia mengerjakan lebih dari yang kita pikirkan dan doakan. Dia menciptakan masa depan yang baru bagi kita dan melakukan perkara yang mustahil bagi kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages