Allah Yang Dari Dekat dan Dari Jauh



Minggu, 18 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 22-24

Yeremia 23:23 (TB)  Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga?

Teringat lagu Bimbo di tahun 1980-an dengan judul Tuhan,

Tuhan tempat aku berteduh
Di mana aku mengeluh
Dengan segala peluh

Tuhan Tuhan Yang Maha Esa
Tempat aku memuja
Dengan segala do'a

Aku jauh ... Engkau jauh
Aku dekat ... Engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dan dosa bertaruh ...

Apakah yang dimaksud tentang Allah yang dari dekat dan Allah yang dari jauh?

1. Allah Maha Tahu
Allah mengetahui isi hati, perkataan dan perbuatan semua orang yang dekat tetapi juga yang jauh daripada-Nya. Tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan.

1 Samuel 2:3 (TB)  Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.

2. Allah Maha Hadir.
Allah hadir di tengah-tengah umat-Nya, tetapi Dia juga hadir di seluruh tempat di jagad raya. Manusia tidak dapat lari dari hadapan Tuhan.

Mazmur 139:7-8 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.

3. Allah bagi semua bangsa.
Allah menyatakan diri atas umat-Nya, tetapi Dia juga merindukan segala bangsa bertobat dan percaya kepada-Nya.

Yesaya 59:18 (TB)  Sesuai dengan perbuatan-perbuatan orang, demikianlah Ia memberi pembalasan: kehangatan murka kepada lawan-lawan-Nya, ganjaran kepada musuh-musuh-Nya; bahkan kepada pulau-pulau yang jauh Ia memberi ganjaran.

Jika kita belajar dari sejarah Kerajaan Allah, bisa jadi Indonesia yang jauh dari bangsa Israel dengan 17.504 pulau adalah bangsa yang dirindukan Tuhan untuk mengalami keselamatan. Oleh sebab itu marilah kita terus berdoa dan menyampaikan Injil Kabar Baik kepada orang-orang di sekitar kita.

Menariknya dalam iman Kristen, Tuhan dekat dengan setiap orang yang mendekat kepada-Nya. Tetapi Tuhan tidak menjauh dari orang-orang yang lari dari hadapan-Nya. Jadi sangat berbeda dengan syair lagu Tuhan oleh Bimbo. Tuhan tetap mencari yang terhilang yaitu orang-orang yang menjauh dari hadapan-Nya. Selamat hari Minggu dan selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages