Pengintai Masa Kini




Jumat, 9 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 61-63

Yesaya 62:6-7 (TB)  Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang
dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi.

Pada zaman dahulu setiap kota dipagari dengan tembok. Di setiap sudut tembok terdapat menara penjaga. Dalam menara itu ditempatkan para pengintai atau penjaga yang bertugas mengawasi atau mengintai musuh atau bahaya yang akan menyerang. Para pengintai ini bertugas sepanjang hari dan sepanjang malam, tidak pernah berhenti.

Ketika kita merenungkan Yesaya 62:6-7, sesungguhnya ini adalah pelayanan doa syafaat yang menjadi pengintai masa kini bagi gereja-Nya. Bagaimana tugas para pendoa syafaat sebagai pengintai?

1. Berdoa setiap waktu.
Tidak ada kata istirahat atau cuti dalam berdoa. Maksudnya sekalipun di luar kegiatan doa syafaat bersama, secara pribadi mereka tetap menjadi pendoa syafaat bagi gereja.
Dalam ayat tersebut disebutkan "sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri".
Paulus mengingatkan agar kita senantiasa berdoa.
Efesus 6:18 (TB)  dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,

2. Mengingatkan Tuhan tentang gereja-Nya.
Kalimat dalam Yesaya 62:6, "Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang ...
Sesungguhnya ini pokok doa utama kita yaitu mengingatkan Tuhan tentang gereja-Nya, umat-Nya dan segala aspek di dalamnya.
Selama gereja belum sempurna berarti kita tidak akan pernah berhenti mendoakannya.

3. Sampai kemuliaan Tuhan dinyatakan atas gereja-Nya.
Yesaya 62:7 (TB)  dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi.
Kita percaya setiap nubuatan bagi gereja di akhir zaman akan mengalami kemuliaan, menjadi acuan bagi dunia tentang iman, pengharapan dan kasih. Biarlah bangsa-bangsa akan melihat kemuliaan Tuhan melalui gereja-Nya.

Sesungguhnya panggilan untuk menjadi pengintai masa kini atau pendoa syafaat adalah panggilan tertinggi. Mengapa? Sebab kita dipanggil menjadi imam untuk berdiri di antara Tuhan dengan umat-Nya. Dalam panggilan ini, kita mengalami hadirat Tuhan dan persekutuan yang intim. Marilah kita berdoa agar semakin banyak orang percaya yang mau dipakai Tuhan menjadi pengintai atau pendoa syafaat. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages