Memiliki Terang Hidup



Kamis, 8 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 58-60

Yesaya 60:19 (TB)  Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

Yesaya 60 merupakan nubuatan kepada Sion atau gereja yang akan datang. Lebih dari terang matahari di waktu siang atau bulan di waktu malam, gereja akan diterangi oleh terang hidup yang abadi. Apakah yang dimaksudkan dengan terang hidup?

1. Yesus Kristus adalah Terang Dunia.
Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
Yohanes 9:5 (TB)  Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."

Orang Kristen yang hidup dalam iman dan ketaatan kepada Tuhan Yesus akan memiliki terang abadi. Terang itu akan memisahkan dirinya dari gelap dan akan membawa kepada hidup yang kekal di Sorga. Milikilah persekutuan senantiasa dengan Tuhan Yesus supaya memiliki terang hidup sehingga tidak akan berjalan dalam kegelapan.

2. Firman Tuhan adalah Terang Hidup.
Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
Mazmur 119:130 (TB)  Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Firman Tuhan yang dimaksudkan di sini ada 2 yaitu Yesus Kristus sebagai Firman (Yohanes 1:1) dan Alkitab sebagai firman Allah. Setiap orang percaya yang membaca dan merenungkan firman Tuhan (Alkitab) setiap hari akan memiliki terang dalam kehidupannya.
Dengan firman Tuhan,
a. Dapat mengetahui jalan yang harus ditempuh.
b. Tidak berjalan dalam kegelapan (hidup dalam dosa).
c. Mendapatkan hikmat atau pengertian dalam menghadapi masalah dan dalam membuat keputusan.


Banyak orang hidup dalam kegelapan karena mereka tidak memiliki Terang Abadi. Terang Hidup yang sesungguhnga adalah Yesus Kristus dan firman Tuhan (Alkitab). Oleh sebab itu milikilah persekutuan dengan Tuhan Yesus dan merenungkan firman Tuhan setiap hari, sehingga tidak berjalan dalam kegelapan melainkan diterangi oleh terang hidup yang abadi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages