Peranan Orang Percaya Untuk Kesejahteraan Kota



Selasa, 20 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 28-30

Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Bangsa Yehuda mengalami masa pembuangan 70 tahun ke Babel. Selama masa ini mereka hidup dalam kekuasaan raja Babel. Secara fisik mereka memang berada dalam penindasan, tetapi Tuhan selalu punya rencana yang indah di setiap kondisi yang dialami.

1. Mengusahakan kesejahteraan kota.
Sekalipun menjadi orang buangan di Babel, orang Yehuda dipanggil untuk mengusahakan kesejahteraan kota. Sekalipun mengalami kesulitan dan pergumulan, orang percaya tetap dipanggil untuk menjadi berkat.
Kita saat ini bukanlah orang buangan di kota kita tinggal sehingga lebih lagi kita harus menjadi berkat. Kita bisa mengusahakan kesejahteraan kita melalui profesi yang Tuhan berikan, kegiatan sosial kemasyarakatan, menjaga kesatuan dan kebersihan, memelihara ketertiban umum, mengembangkan budaya mengantri, membayar pajak dan mentaati setiap peraturan.

2. Berdoa untuk kesejahteraan kota.
Salah satu kontribusi penting orang percaya bagi kesejahteraan kota adalah dengan berdoa. Doa menarik berkat Tuhan turun atas kota, mematahkan kutuk serta memerangi kuasa kegelapan yang mempengaruhi suatu kota. Ini adalah partisipasi yang paling sederhana tetapi memiliki kuasa yang besar. Doa adalah cara Tuhan untuk melibatkan orang percaya dalam memenangkan peperangan rohani di suatu kota.
Yakobus 5:16b (TB)  Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.


Sudahkah Anda mengusahakan kesejahteraan kota Anda? Mulailah dengan berdoa dan melakukan pesan firman Tuhan di atas dalam kehidupan sehari-hari. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages