Jangan Membatasi Panggilan Tuhan



Senin, 5 Agustus 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 49-51

Yesaya 49:6 (TB)  "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."

Salah satu panggilan Tuhan bagi umat-Nya adalah diberkati untuk menjadi berkat. Tetapi seringkali pola pikir kita membatasi rencana Allah.

1. Tuhan memberkati kita bukan hanya untuk menjadi berkat bagi sesama orang percaya (gereja), tetapi juga bagi orang yang belum percaya (di luar gereja).
Memang ada firman Tuhan di dalam, Galatia 6:10 (TB)  Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Ayat tersebut bukan untuk membatasi pelayanan kita, tetapi dalam pengertian tubuh Kristus harus saling memberkati. Sesudahnya mulai menjadi berkat bagi orang lain di luar gereja supaya nama Tuhan dimuliakan.
Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Sehingga pelayanan sesungguhnya tidak dibatasi oleh empat tembok gereja, melainkan ke luar melalui aktifitas pekerjaan, studi atau pelayanan di luar gereja.

2. Tuhan memberkati kita bukan hanya untuk memberkati bangsa kita melainkan bangsa-bangsa.

Keterbatasan bahasa, dana dan jarak seringkali menjadi kendala bagi kita. Tetapi di dunia modern ini semua kendala mulai dipangkas. Sebagai contoh antara lain:
a. Ketika kita membuat renungan di blog atau website, aplikasi telah menyediakan terjemahan dalam bahasa masing-masing sehingga bisa dibaca dan menjadi berkat.
b. Komunikasi menjadi lebih murah melalui internet baik suara maupun video call. Hal ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di negara lain dengan tujuan untuk memberitakan Injil, memuridkan atau menggembalakan mereka.
c. Kita bisa memberkati bangsa lain beruoa dana yang ditaburkan melalui lembaga misi. Kita IFGF bersama World Harvest telah menjadi pelayanan global untuk memberkati bangsa-bangsa. Setiap rupiah bisa menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.
d. Kita bisa memberkati bangsa-bangsa lain melalui doa-doa kita. Tentunya kuasa doa, dari zaman dahulu sampai sekarang tidak berubah. Ini yang paling murah dan mudah, tetapi banyak orang melewatkannya.
e. Jika Tuhan memanggil secara khusus seseorang untuk menjadi misionari atau pergi ke bangsa-bangsa, tentulah Tuhan akan memanggil, memperlengkapi dan menyediakan semua yang diperlukan.


Jadi kesimpulannya janganlah kita membatasi rencana Tuhan dalam hidup kita. Tuhan bisa memberkati dan menjadikan berkat bagi saudara seiman, orang-orang di luar gereja bahkan sampai kepada bangsa-bangsa. Selamat beraktifitas. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages