Saat Berdiam dan Saat Bergerak


Minggu, 10 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 7-9

Bilangan 9:17 (TB)  Dan setiap kali awan itu naik dari atas Kemah, maka orang Israel pun berangkatlah, dan di tempat awan itu diam, di sanalah orang Israel berkemah.

Perjalanan bangsa Israel di padang gurun dipimpin oleh Tuhan dalam wujud tiang awan dan tiang api. Tiang awan di waktu siang melindungi dari panas terik, dan tiang api di waktu malam memberi terang dan kehangatan. Apabila tiang-awan atau tiang api bergerak, maka bangsa Israel mencabut kemah-kemahnya dan mengikuti pergerakannya. Sebaliknya apabila berhenti bergerak, maka bangsa Israel berhenti dan memasang kemah-kemahnya serta memelihara ibadah kepada Tuhan di Kemah Pertemuan.

Dalam kehidupan kita saat ini dipimpin oleh Roh Kudus. Ada saat-saat berdiam dan ada saat-saat bergerak.

1. Saat Berdiam
Saat berdiam adalah saat bersekutu dengan Tuhan dan merenungkan firman Tuhan. Di sini kita akan mengalami hadirat Tuhan yang memberikan damai sejahtera dan kekuatan yang baru. Saat berdiam membuat kita menerima dan mendengar arahan Tuhan dalam kehidupan. Saat berdiam merupakan saat menyembah, di mana kita meninggalkan segala kesibukan dan fokus untuk duduk diam di bawah kaki Tuhan. Jangan abaikan saat berdiam, sediakan waktu setiap hari untuk berdiam di hadapan Tuhan sehingga kita bisa menikmati persekutuan dengan Tuhan.

2. Saat Bergerak
Saat bergerak merupakan "action" atau melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepada kita. Saat bergerak memerlukan usaha dan kerja keras dalam pelayanan maupun pekerjaan yang Tuhan percayakan kepada kita. Saat bergerak merupakan saat dimana kita harus berjuang dalam ketekunan, menghadapi tantangan dengan iman dan ucapan syukur. Banyak yang bisa kita lakukan dalam pelayanan, persekutuan dan penginjilan. Mari seluruh jemaat terus bergerak, kenakanlah kaki yang berkasutkan kerelaan memberitakan Injil. Ketika gereja Tuhan bergerak akan ada pertumbuhan dan kemajuan.

Kehidupan yang seimbang adalah ada saat berdiam dan ada saat bergerak. Milikilah saat untuk berdiam di hadapan Tuhan, yaitu bersekutu dengan intim dengan-Nya. Milikilah juga saat untuk bergerak yaitu melakukan firman Tuhan, bersekutu, melayani dan memberitakan Injil. Gereja yang berdiam dan bergerak adalah gereja yang sehat, bertumbuh dan dinamis. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages