Berkat Menghormati Orang Tua




Kamis, 28 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 25-27

Ulangan 27:16 (TB)  Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!

Sejak semula Tuhan telah mendesain manusia agar taat kepada otoritas. Salah satu delegasi otoritas adalah keluarga, di mana istri menghormati suami sebagai kepala keluarga dan anak-anak menghormati orang tua.

Berkat yang Tuhan janjikan ketika kita menghormati orang tua adalah:

1. Dilepaskan dari kutuk.
Kutuk terjadi ketika memandang rendah ibu dan bapanya (Ulangan 27:16). Kutuk dalam arti luas berupa kegagalan, sakit penyakit, kehancuran rumah tangga dan sebagainya. Maka untuk terlepas dari kutuk adalah dengan cara tunduk dan hormat kepada orang tua. Kita sering mendengar cerita tentang anak durhaka yang menerima hukuman karena menentang dan menyia-nyiakan orang tua. Hai anak-anak, jika engkau ingin sukses dalam masa depanmu, hormatilah dan taatilah orang tuamu ! Berbaktilah kepada orang tuamu supaya janji berkat Tuhan digenapi dalam kehidupanmu.

2. Diberkati dengan umur yang panjang.
Sepuluh perintah Tuhan yang keempat adalah menghormati orang tua.
Keluaran 20:12 (TB)  Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
Salah satu berkat menghormati orang tua adalah umur panjang, supaya kita juga bisa melihat anak cucu kita diberkati dan hidup mereka berhasil.

3. Menerima damai sejahtera dan berkat Tuhan.
Menghormati orang tua akan mendatangkan damai sejahtera. Orang tua pun akan disukakan dan dengan senang hati memberikan doa dan restu kepada anak-anaknya. Orang tua akan bekerja keras dan memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya.

Marilah kita meneliti kehidupan kita apakah selama kita kita sudah taat dan hormat kepada orang tua? Jikalau ada sikap yang selama ini kurang menghargai orang tua, segeralah berdamai dan meminta pengampunan agar dijauhkan dari kutuk, diberkati dengan umur panjang, menerima damai sejahtera dan berkat Tuhan. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages