Jangan Pura-pura Tidak Tahu




Rabu, 27 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 22-24

Ulangan 22:3 (TB)  Demikianlah harus kauperbuat dengan keledainya, demikianlah kauperbuat dengan pakaiannya, demikianlah kauperbuat dengan setiap barang yang hilang dari saudaramu dan yang kautemui; tidak boleh engkau pura-pura tidak tahu.

Dalam dunia yang semakin modern, manusia semakin masa bodoh dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Berkurangnya sikap peduli kepada orang lain dan meningkatnya sikap egois membuat hubungan sosial di antara manusia semakin berkurang.

Kitab Ulangan 22:1-4 memberi nasehat tentang tolong-menolong, khususnya kalau ada seseorang yang kehilangan barangnya. Sikap yang ditekankan adalah TIDAK BOLEH PURA-PURA TIDAK TAHU.

1. Bila melihat barang miliki saudara (orang yang dikenal) yang hilang, harus segera memberitahukan kepada saudaranya.

2. Bila milik saudara jauh atau tidak mengenalnya, maka harus mengamankannya sampai empunya datang dan mengambilnya.

Dalam ayat-ayat tersebut barang-barang yang hilang meliputi lembu, domba, keledai dan pakaian. Intinya setiap barang berharga yang dimiliki oleh sesama kita. Pada zaman dahulu setiap binatang peliharaan ada cap atau meterai pemiliknya sehingga bisa mengetahui siapa pemiliknya.

Sebenarnya nasehat yang diberikan dalam ayat tersebut mengajarkan kepada kita untuk memiliki sikap peduli, khususnya kepada saudara kita yang sedang kehilangan. Janganlah kita senang atau cuek dengan kesusahan orang lain akibat kehilangan miliknya. Tetapi marilah kita peduli, jangan pura-pura tidak tahu apabila melihat ataupun menemukan miliknya yang hilang. Biarlah Anda menjadi pribadi yang selalu menjadi berkat bagi orang lain. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages