Larangan Menyembah Jin-jin


Senin, 4 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 16-18

Imamat 17:7 (TB)  Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin, sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.

Sejak semula Tuhan telah memperingatkan tentang larangan menyembah jin-jin. Tetapi pada kenyataannya banyak manusia berkomunikasi, menyembah bahkan mendapatkan keuntungan dari jin-jin. Dongeng tentang Aladin adalah yang paling kita ingat, mengajarkan bahwa jin adalah seperti "dewa penolong" di saat kita membutuhkan. Tidak jarang dongeng ini meracuni pikiran kita sehingga saat menghadapi masalah akan tergoda untuk mencari pertolongan dengan menyembah jin-jin.

Beberapa hal tentang keberadaan jin-jin:

1. Jin-jin itu ada di dunia
Kaum skeptis mengatakan bahwa tidak ada roh jahat di bumi. Tetapi kenyataannya bahwa ada roh jahat atau makhluk halus di bumi, termasuk jin-jin. Jin-jin adalah anggota persekongkolan Iblis yang memberontak kepada Tuhan sehingga dibuang di bumi. Penampakan Jin-jin akan kasat mata apabila disembah dan dipuja-puja. Tetapi tidak akan terlihat ketika kita tidak percaya.

2. Jin-jin menyesatkan manusia.
Jin-jin menawarkan pertolongan pada manusia, di antaranya adalah pesugihan atau kekayaan. Tujuan pertolongan dari jin-jin adalah manusia tersesat, jauh dari Tuhan bahkan tidak percaya kepada Tuhan.

3. Menyembah jin-jin adalah bentuk zinah rohani.
Zinah rohani adalah menjadikan sesembahan atau dalam hal ini jin-jin melebihi Tuhan. Zinah rohani adalah penyembahan berhala yang sangat dibenci oleh Tuhan.

4. Tidak ada yang gratis dalam penyembahan kepada jin-jin.
Apa yang iblis tawarkan tidak ada yang gratis. Jin-jin bisa memberikan pertolongan kepada manusia di depan, tetapi di kemudian hari harus membayar mahal, yaitu dirinya sendiri menjadi tawanan iblis sehingga tidak terselamatkan dari api neraka. Oleh sebab itu pertimbangkan sungguh-sungguh dan ingatkan apabila ada saudara atau teman yang menyembah kepada berhala, menyembah jin-jin atau roh jahat.

Akhirnya hendaklah tetap setia kepada Tuhan. Jangan pernah tergoda kepada tawaran instan dari jin-jin atau roh jahat karena nyawa adalah tumbalnya. Jangan sampai kita kehilangan keselamatan yang sejati karena menyembah kepada jin-jin. Tetaplah kuat dalam kekuatan kuasa-Nya dan nantikanlah pertolongan Tuhan dengan tekun. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages