Memenuhi Permintaan Tuhan



Sabtu, 23 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 10-12

Ulangan 10:12-13 (TB)  "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

Pada umumnya kita yang selalu meminta kepada Tuhan dan kita ingin Tuhan memenuhi permintaan kita. Tetapi Ulangan 10:12-13 merupakan permintaan Tuhan bahkan tuntutan Tuhan kepada kita yang harus kita penuhi. Dalam terjemahan Bahasa Indonesia Masa Kini diterjemahkan sebagai berikut:
Ulangan 10:12-13 (BIMK)  "Sekarang, Saudara-saudara, perhatikanlah apa yang dituntut TUHAN Allahmu dari kamu: Hormatilah TUHAN Allahmu dan lakukanlah segala perintah-Nya. Cintailah Dia dan beribadatlah kepada-Nya dengan seluruh jiwa ragamu.
Taatilah segala perintah TUHAN yang hari ini saya sampaikan kepadamu demi kebaikanmu sendiri."

Ada tiga tuntutan Tuhan kepada kita, yaitu:

1. Menghormati Tuhan dan melakukan perintah-Nya.
Menjadikan Tuhan sebagai otoritas yang tertinggi dan wajib kita taati.  Menghormati Tuhan berarti menjaga kekudusan dan melakukan perintah-Nya.
Motivasi dari setiap tindakan kita adalah untuk memuliakan Tuhan.
Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

2. Mencintai Tuhan dan beribadah kepada-Nya.
Mencintai Tuhan dan beribadah seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Kita tidak bisa disebut sebagai orang yang mencintai Tuhan apabila tidak taat dalam ibadah. Sebaliknya ibadah yang tanpa mencintai Tuhan juga tidak berarti bagaikan wadah tanpa isi. Ibadah adalah hubungan kita dengan Tuhan yang diwujudkan melalui saat teduh (berdoa dan membaca Alkitab), ibadah di gereja dan melayani.

3. Mentaati perintah Tuhan untuk kebaikan kita.
Seringkali kita tidak menyadari bahwa semua perintah Tuhan adalah untuk kebaikan kita. Terkadang kita merasa berat dan sakit ketika harus tunduk kepada perintah Tuhan dan menyangkal keinginan kita. Tetapi percayalah tujuan akhir setiap perintah Tuhan adalah untuk kebaikan kita. Oleh sebab itu tetaplah setia dalam memikul salib dan mentaati perintah-Nya sekalipun lebih banyak orang yang melanggar perintah Tuhan. Kita dipanggil untuk hidup berbeda dari cara hidup dunia.

Jangan hanya meminta Tuhan memenuhi keinginan kita, tetapi terlebih dahulu penuhi permintaan Tuhan atau lakukanlah tuntutan Tuhan dalam kehidupan kita demi kebaikan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages