Mengikut Tuhan Sepenuh Hati




Senin, 18 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 31-33

Bilangan 32:12 (TB)  kecuali Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, dan Yosua bin Nun, sebab keduanya mengikut TUHAN dengan sepenuh hatinya.

Kisah dua belas pengintai selalu menarik untuk dibahas. Sepuluh orang kembali kepada Musa dan melaporkan hasil pengintaian mereka. Ternyata mereka memberikan kabar busuk, menebarkan pesimisme dan ketakutan. Sedangan dua pengintai lainnya memberikan kabar baik, menebarkan optimisme dan keberanian. Kedua orang itu adalah Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun.

Mengapa Kaleb dan Yosua percaya bahwa bangsa Israel dapat masuk ke Tanah Kanaan? Sebab keduanya mengikut Tuhan dengan sepenuh hatinya.

1. Percaya kepada janji Tuhan.
Bilangan 14:8 (TB)  Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Sepenuh hati artinya percaya kepada janji Tuhan. Dasar dari kepercayaan ini adalah pribadi Allah yang setia dan penuh kuasa. Allah bukanlah seperti manusia yang sering melupakan perjanjian-Nya, tetapi Ia memegang teguh janji-janji-Nya kepada umat Tuhan.

2. Tidak ada ruang untuk kemalasan, kekuatiran dan ketakutan.
Lawan kata sepenuh hati adalah setengah hati. Setengah hati terjadi apabila timbul kemalasan, kekuatiran dan ketakutan sehingga tidak sungguh-sungguh dalam mengikut Tuhan. Setengah hati terjadi ketika melihat masalah begitu besar, sehingga terintimidasi seakan-akan Tuhan tidak mampu mengatasi masalah.
Percayalah Tuhan lebih besar dari semua masalah yang sedang kita hadapi.

3. Ketaatan adalah wujud mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.
Sepenuh hati adalah komitmen di dalam hati, tetapi ketaatan adalah buktinya. Jika seseorang mengikut Tuhan dengan sepenuh hati maka ia akan mewujudkannya dalam bentuk ketaatan. Taat melakukan firman Tuhan, taat berdoa dan merenungkan firman Tuhan, taat beribadah, taat melayani Tuhan dan memberitakan Injil.

Hidup sepenuh hati mengikut Tuhan akan membawa kita mengalami "greater promise" dalam kehidupan kita. Percayalah kepada janji Tuhan. Jangan biarkan kemalasan, kekuatiran dan ketakutan bekerja dalam diri kita. Lakukan ketaatan kepada kehendak Tuhan. Hanya Yosua dan Kaleb yang diijinkan Tuhan masuk Tanah Kanaan. Jika kita mengikut Tuhan dengan segenap hati, maka Tuhan akan membawa kita kepada kehidupan yang berlimpah dengan berkat, sebuah pemeliharaan Tuhan yang luar biasa. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages