Milikilah Roh Yang Ekselen

Selasa, 12 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 13-15

Bilangan 14:24 (TB)  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Yosua dan Kaleb adalah dua orang pengintai yang memiliki iman untuk mengalahkan musuh dan memasuki Tanah Kanaan. Di saat sepuluh pengintai mengabarkan kabar busuk tentang tanah Kanaan, Yosua dan Kaleb justru membangkitkan iman dan semangat bangsa Israel untuk percaya kepada janji dan kuasa Tuhan. Bersama Tuhan mereka percaya dapat mengalahkan musuh-musuh dan menduduki Tanah Kanaan sesuai dengan janji Tuhan.

Salah satu kelebihan Kaleb adalah memiliki roh yang ekselen yaitu melebihi dari orang lain atau lebih dari rata-rata. Dalam Terjemahan Baru disebut "lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya".

Sedangkan dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup,
Bilangan 14:24 (FAYH)  Tetapi Kaleb, hamba-Ku, adalah orang yang berbeda dengan mereka—ia menaati Aku dengan sepenuhnya. Aku akan membawa dia ke dalam negeri yang telah dikunjunginya sebagai pengintai, dan keturunannya akan mendapat bagian penuh di dalam negeri itu.

Dalam terjemahan Bahasa Indonesia Masa Kini,
Bilangan 14:24 (BIMK)  Tetapi tidak demikian hamba-Ku Kaleb. Ia tetap setia kepada-Ku. Sebab itu Aku akan membawa dia ke negeri yang telah dimasukinya. Sekarang orang Amalek dan orang Kanaan tinggal di dataran itu. Tetapi daerah itu akan menjadi milik keturunan Kaleb, hamba-Ku itu. Besok kamu harus berbalik dan pergi ke padang gurun ke arah Teluk Akaba."

Roh ekselen yang dimiliki Kaleb melebihi orang Israel yang lain.
Disalin dari Majalah Charisma tanggal 5 Pebruari 2018, ada tiga keunggulan Roh ekselen yang dimiliki Kaleb, yaitu:
1. Melihat ke depan, bukan ke belakang
2. Meresponi dengan iman, bukan bereaksi dengan ketakutan.
3. Roh yang agresif bukan pasif, artinya terus maju dan tidak mudah menyerah.

Saat menghadapi masalah dan tantangan, kita harus mengadopsi roh Kaleb yang ekselen supaya kita bisa mengalahkan "musuh-musuh" kita. Milikilah roh yang berbeda dengan orang lain, yaitu roh yang positif dan setia, penuh iman dan keberanian serta terus maju ke depan.
Tetaplah semangat dan percaya bahwa hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok lebih baik dari hari ini. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages