Mengapa Orang Israel Dicatat?

Jumat, 8 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 1-3

Bilangan 1:2-3 (TB)  "Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang, orang demi orang. Engkau ini beserta Harun harus mencatat mereka menurut pasukannya masing-masing.

Bagian awal kitab Bilangan mencatat jumlah laskar Israel dan jumlah keturunan suku Lewi. Jumlah suku-suku Israel yang berumur 20 tahun ke atas adalah 603.550 orang. Sedangkan jumlah suku Lewi yang berumur 1 bulan ke atas adalah 22.273 orang.

1. Mengapa Tuhan memerintahkan untuk menghitung jumlah laskar Israel dan orang Lewi?
Tuhan mengajarkan kepada kita bahwa jiwa-jiwa sangat penting bagi Tuhan. Oleh sebab itu kita harus mengenal orang-orang yang kita layani, orang-orang yang bergereja bersama kita. Mulailah peduli dan mengenal saudara-saudara seiman.

2. Mengapa laskar yang dihitung dari usia 20 tahun ke atas?
Usia 20 tahun dipandang sebagai usia produktif, dewasa dan mampu mengambil keputusan sendiri. Usia ini memenuhi syarat sebagai seorang prajurit atau laskar. Hal ini berbicara mengenai kedewasaan rohani seorang pengikut Kristus, harus produktif, memiliki iman dan keberanian dalam menghadapi musuh atau tantangan.

3. Mengapa suku Lewi dihitung dari usia 1 bulan ke atas?
Suku Lewi dikhususkan untuk melayani Tuhan, bukan sebagai suku yang berperang. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa untuk melayani Tuhan tidak padang usia. Usia dini pun bisa dipakai Tuhan untuk melayani Dia. Demikian pula tidak ada istilah sudah terlambat atau terlalu tua untuk melayani Tuhan. Selama hidup untuk melayani Tuhan.

Kita belajar betapa pentingnya mengenal data jiwa-jiwa dan mengenal sesama jemaat. Sebagai prajurit Kristus haruslah produktif dan dewasa rohani. Sedangkan untuk melayani Tuhan, bisa sedini mungkin. Seumur hidup kita untuk melayani Tuhan. Haleluya. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages