Yang Sedikit Menjadi Banyak Di Tangan Tuhan

Selasa, 30 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 23

Bacaan: Yohanes 6:1-14

Kita sering mendengar kisah milyarder yang mendirikan yayasan dengan tujuan yang mulia. Perusahaan-perusahaan besar juga mengalokasikan anggaran tertentu untuk program CSR (Corporate Social Resonsibility). Dunia sepertinya mengajarkan kita untuk bermurah hati dalam kelimpahan. Akan tetapi, dalam Kerajaan Allah, Tuhan tidak mengharuskan kita untuk memberi dari kelimpahan, tetapi memberi dengan hati karena sesungguhnya Dialah sang pemberi atas segala yang kita miliki.

Dalam kisah tentang memberi makan lima ribu orang, Yesus bertanya kepada murid-murid-Nya, "Di mana kita dapat membeli roti sehingga mereka bisa makan?" Filipus menyadari keterbatasan dana mereka yang tidak cukup untuk memberi makan orang sebanyak itu. Murid lainnya, Andreas, menemukan seorang anak yang memiliki lima roti jelai dan dua ikan, dan dia juga menyadari itu tidak akan cukup untuk memberi makan orang sebanyak itu. Namun demikian, Yesus melakukan sebuah mujizat dan menunjukkan kepada murid-murid-Nya bahwa yang sedikit bisa berubah menjadi banyak di tangan Yesus, bahkan menyisakan dua belas bakul penuh dengan roti.

Dalam kisah ini, Yesus mengajarkan kita untuk bermurah hati terlepas dari apa yang kita miliki, tetapi berasal dari hati yang penuh belas kasihan. Karena belas kasihan-Nya, Dia tidak hanya memberikan makanan rohani tetapi juga makanan jasmani kepada orang banyak itu. Yesus juga mengajarkan kita untuk bermurah hati dengan apa yang kita miliki. Berapa banyak waktu, uang, talenta, pengetahuan dan pengalaman yang dapat kita bagikan kepada orang lain? Jangan hanya berfokus pada berapa banyak yang kita miliki, tetapi fokuslah untuk mengizinkan Tuhan memakai apa yang kita miliki untuk memberi makan orang lain secara rohani dan jasmani. Bersama Tuhan, yang sedikit dapat menjadi banyak dan meninggalkan dampak pada kehidupan orang lain.

Pokok Doa:
Apa yang dapat kita berikan untuk memberkati orang lain? Jadilah murah hati dengan segala yang kita miliki dan izinkan Tuhan memakainya untuk memberkati orang lain.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages