Tanyakan, Mengapa?

Jumat, 19 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 12

Bacaan: Lukas 23:24

Mungkin kita tidak heran jika Yesus mampu mengampuni orang-orang yang begitu membenci-Nya, karena Dia adalah Tuhan Maha Pengampun. Namun, pernahkah kita berpikir mengapa Yesus berkata mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat? Bukankah orang-orang ini telah secara sadar, sengaja menolak, memfitnah, menghina, menyiksa bahkan menjatuhkan hukuman mati atas Yesus? Tapi kenyataannya Yesus berkata bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Ketika pasangan kita berkali-kali melakukan perbuatan atau mengucapkan perkataan yang menyakiti kita, pernahkah kita berpikir bahwa mungkin mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan? Ketika istri kita selalu cemburu, ketika suami kita sepertinya justru menjauhi kita ketika sedang menghadapi masalah yang pelik, pernahkah kita berpikir bahwa mereka mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan? Apa Anda sendiri mengerti alasan di balik semua kelemahan Anda?

Ketika para ahli Taurat hendak merajam wanita yang tertangkap berzinah, Yesus mengampuni dan membebaskan wanita tersebut dari dosanya (Yohanes 8:11). Ketika orang-orang merantai dan mengasingkan orang yang kerasukan roh jahat di Gerasa, Yesus menyembuhkan dan memulihkan kondisi orang tersebut (Markus 5:15). Ketika orang Farisi mencap Lewi dan teman-temannya sebagai orang berdosa yang harus dijauhi, Yesus makan bersama-sama dengan mereka (Markus 2:14).

Ketika orang-orang melihat dan berfokus pada kelemahan seseorang, Yesus melihat lebih dalam dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan orang tersebut. Yesus tahu bahwa di balik setiap kelemahan, ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Ketika kita sedang mengalami konflik yang mendalam dan berkepanjangan dengan pasangan atau keluarga kita, mari kita coba mengerti kebutuhan mereka, belajar mendengarkan mereka dengan jujur dan rendah hati.

Pokok Doa:
Berdoalah supaya kita tidak cepat menghakimi dan sadar bahwa kita sendiripun tidak luput dari kelemahan. Dengan kerendahan hati, cobalah untuk mengerti alasan di balik semua masalah yang ada.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages