Apakah Anda Sudah Mendengar Dengan Benar?

Selasa, 23 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 16

Bacaan: Lukas 8:18

Pada hakikatnya, Yesus berkata, ada cara mendengar yang benar dan yang salah. Bagaimana cara mendengar yang benar dan bagaimana cara yang salah?

Di Lukas 8:10, Yesus berkata: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah ..." Siapa yang dimaksud dengan "mu" di sini? Murid-murid Yesus, yang mendengarkan pengajaran-Nya dan berjalan mengikuti Dia setiap hari. Yesus melanjutkan: "...tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti." Siapa yang dimaksud dengan orang-orang lain di sini? Mereka yang mendengarkan pengajaran Yesus, tetapi kemudian meninggalkan Yesus dan kembali ke pekerjaan dan urusan mereka masing-masing.

Pada saat ini, undangan untuk menjadi murid Yesus sudah terbuka bebas bagi semua orang. Kalau kita mau, kita bisa menjadi murid Yesus.

Ini cara mendengar yang benar: sebelum membaca firman Tuhan, kita sudah membuat keputusan akan menjadi murid Yesus. Artinya kita akan taat kepada kebenaran firman Tuhan, apapun resiko dan harga yang harus dibayar. Kita telah mempersiapkan telinga untuk mendengar dan hati untuk menjadi tanah yang subur, di mana firman Tuhan bisa berbuah berkali lipat.

Ini cara mendengar yang salah: menganggap remeh firman Tuhan, tidak pernah mempersiapkan diri untuk taat kepada firman. Untuk sesaat firman itu bisa tertanam, tapi kesulitan atau kesenangan dunia akhirnya menyebabkan firman itu mati. Yesus memberikan peringatan ini. "...dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya." (Lukas 8:18)

Pokok doa:
Ambillah keputusan untuk belajar mendengarkan dengan cara yang benar. Berdoa supaya Tuhan memberikan kasih karunia untuk taat terhadap semua perintah-Nya.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages