Kemurahan Hati Di Tengah Pergumulan

Kamis, 1 Juni 2017 - Doa Puasa Hari 25

Bacaan: Matius 14:13-21

Setelah mendengar kabar bahwa Yohanes Pembaptis telah dipenggal kepalanya, Yesus memisahkan diri ke tempat yang sunyi untuk berduka. Yohanes Pembaptis bukanlah orang biasa. Dia adalah orang yang Yesus puji. "Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis..." (Matius 11:11). Pastinya Yesus perlu waktu untuk berduka atas kehilangan seseorang yang begitu dekat dengan-Nya. Namun orang banyak kelihatannya tidak peduli dengan apa yang sedang Dia alami. Mereka mengikuti Dia dan tidak memberikan waktu sedikit pun kepada-Nya untuk menyendiri.

Sekali lagi, reaksi Yesus saat melihat mereka menunjukkan belas kasihan-Nya terhadap manusia. Dia mengabaikan dukanya dan berusaha memenuhi kebutuhan orang banyak. Dia bisa saja mengusir mereka, dan mengambil waktu libur dari pelayanan-Nya; tetapi Dia tidak melakukannya. Berapa sering kita menolak melayani mereka yang membutuhkan di saat kita sedang bergumul dengan masalah kita sendiri? Saat kita berpikir bahwa kebutuhan kitalah yang paling penting, Yesus mengajarkan sebaliknya.

Setelah memenuhi kebutuhan mereka, Yesus mengambil langkah lebih dan memuaskan kebutuhan jasmani mereka. Dengan lima roti dan dua ikan, Yesus memberi makan lima ribu orang. Mungkin saja orang banyak tidak tahu apa yang baru saja Dia lalui, mungkin beberapa tahu tapi tidak peduli karena mereka hanya berfokus pada kepentingan mereka sendiri. Apapun sikap hati dari orang banyak tersebut, Dia melihat melampaui kelemahan mereka dan sekali lagi menunjukkan hati Bapa yang penuh belas kasihan dan kemurahan hati.

Apakah kita dapat mengikuti teladan-Nya, mengutamakan kebutuhan orang lain meskipun kita juga mengalami pergumulan? Selama kita mau, Dia akan memampukan kita untuk melakukannya.

Pokok Doa:
Minta kepada Tuhan agar diberikan hati yang berbelas kasihan dan mau melakukan lebih dari yang dibutuhkan.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages