Perkara Hati

Selasa, 9 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 2

Bacaan: Mat 15:1-20

Dalam perikop ini, orang-orang Farisi dan ahli Taurat menegur Yesus karena mengizinkan murid-murid-Nya melanggar tradisi dengan tidak mencuci tangan sebelum makan, dan Yesus berbalik menegur orang Farisi dan ahli Taurat karena kedangkalan pikiran mereka.

Orang-orang Farisi ini berfokus pada membersihkan apa yang kelihatan, sementara Yesus berfokus pada membersihkan apa yang di dalam. Ahli Taurat berfokus pada perkara jasmani, sementara Yesus berfokus pada perkara rohani. Tahun-tahun yang dihabiskan untuk mempelajari hukum-hukum Allah tidak membawa para ahli Taurat ini lebih dekat dengan hati Allah.
Mereka tidak membiarkan hukum Allah mengubah hati mereka, namun malah menjadi orang-orang yang mementingkan diri sendiri dan menghakimi orang lain.

Yesus mengatakan bahwa hati manusia adalah sumber segala pikiran jahat, kesaksian palsu, perbuatan asusila, fitnah berasal. Dan inilah yang mengotori kita. Keadaan hati dapat terlihat melalui sikap dan tindakan. Saat hati dipenuhi dengan kemarahan, kepahitan dan pikiran jahat, maka sikap dan tindakan kita tidak menyenangkan dan tidak tulus. Di sisi lain, saat hati kita ada di tempat yang benar, sikap kita menyenangkan dan positif.

Jadi apa yang harus kita hindari agar tidak terjatuh ke dalam perangkap yang sama seperti para ahli Taurat? Bagaimana kita membersihkan hati yang cenderung memiliki pikiran dan tindakan yang jahat? Dalam Efesus 5:26 dikatakan "untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dan memandikannya dengan air dan firman ...", Merenungkan firman Tuhan akan membuang hal-hal buruk yang dapat menyebabkan kepahitan dan menjadi orang-orang legalistik seperti orang Farisi dan ahli Taurat.

Biarlah doa kita seperti Daud di Maz 139:23-24, "Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!"

Pokok Doa:
Mintalah pada-Nya hati yang mudah mengampuni dan diajar.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages