Apa Yang Mengisi Kehidupan Anda?

Senin, 8 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 1

Bacaan: Amsal 4:23-27

Orang tua tentunya memberikan makanan yang bergizi kepada anaknya dan membatasi asupan junk food. Orang tua juga memberikan bimbingan kepada mereka akan apa yang boleh ditonton dan dibaca. Mereka sangat selektif dengan apa yang masuk ke dalam panca indra anaknya sebab mereka ingin anaknya bertumbuh sehat, mempunyai karakter dan kebiasaan yang baik agar dapat hidup sukses. Saat kita bertumbuh dewasa, kita diberi kebebasan untuk memilih apa yang masuk ke dalam panca indra kita. Dan dengan adanya media sosial memberikan kesempatan dan kendali yang tidak terbatas akan apa yang masuk ke dalam kehidupan kita. Kita adalah hasil dari apa yang kita konsumsi.

Masukan seperti apa yang Tuhan inginkan dalam kehidupan kita? Amsal 4:23-27 menjelaskan agar kita mengarahkan telinga kepada perintah-Nya dan memfokuskan mata kita pada Firman-Nya. Tuhan ingin Firman-Nya memenuhi hati kita. Dia mengajarkan bahwa jika kita senantiasa memfokuskan diri kepada-Nya dan meninggalkan segala gangguan, itu akan menjaga hati, pikiran dan langkah kita dari kejahatan. Apa yang kita lihat setiap hari di media sosial? Hiburan apa saja yang mengisi waktu luang kita? Buku apa saja yang kita baca? Apakah kita memenuhi panca indra kita dengan masukan yang membangun?

Apa yang masuk ke dalam panca indra kita akan masuk ke dalam pikiran dan hati kita. Kemudian itu menjadi sikap hati, lalu menjadi tindakan, dan akhirnya menjadi pencapaian. Ketika kita memilih untuk memberi makan panca indra kita dengan Firman Tuhan, kita pasti akan berbuah dan berdampak. Dalam 40 hari ke depan, mari kita berkomitmen untuk memenuhi kehidupan kita dengan Firman Tuhan dan menghindari hiburan atau informasi yang hanya untuk memuaskan kedagingan kita.

Pokok Doa:
Ambil waktu untuk merenungkan kembali input seperti apa yang Anda izinkan masuk ke dalam kehidupan Anda. Selama 40 hari ke depan, mari penuhi panca indra Anda dengan hal-hal yang berkenan pada Tuhan. Berdoa agar Firman-Nya menyucikan mata, telinga, hati dan pikiran kita.

(Disalin dari panduan doa puasa 40 hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages