Hikmat Ilahi

Jumat, 12 Mei 2017 - Doa Puasa Hari 5

Bacaan: Kejadian 24

Abraham telah tua dan ia belum menyelesaikan tugasnya, mencari istri bagi putra satu-satunya, Ishak. Untuk melakukan itu, Abraham menunjuk pelayannya yang setia untuk berangkat ke kota asalnya, kota Nahor, untuk mencari wanita yang tepat. Cerita singkatnya, si pelayan tiba di tempat tujuannya dan membuat satu doa yang luar biasa pada Tuhan. Dan kemudian diceritakan bahwa Tuhan membuatnya berhasil bahkan sebelum dia selesai berdoa.

Apa kunci untuk membuat suatu perjalanan yang begitu sulit bisa berhasil dalam waktu yang begitu singkat? Hikmat ilahi! Kenyataannya, Tuhan memberikan pelayan tersebut satu hikmat untuk berdoa dengan permintaan yang spesifik. Wanita yang tepat tidak hanya membawakan air untuk orang asing, tapi juga memberi minum unta-untanya. Sungguh suatu permintaan yang aneh! Kita tahu, unta minumnya banyak. Wanita seperti apakah yang cukup berbelas kasihan dan cukup kuat untuk menimba begitu banyak air bagi unta-unta? Sangat mustahil! Tidak ada orang waras yang akan melakukan itu!

Meminta hikmat dari Tuhan dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas yang sulit. Permintaan yang luar biasa dari pelayan ini bukan hanya mencapai keberhasilan bagi perjalanannya, tapi juga menunjukkan karakter sejati dari Ribka. Tanpa permintaan luar biasa ini, Tuhan tidak akan dapat campur tangan secara supernatural membuat apa yang mustahil menjadi mungkin. Hubungan pribadi menghasilkan suatu keakraban dan kepercayaan kepada Tuhan. Saat kita bersandar penuh pada Tuhan, dengan kemurahan hati dan sukarela, Dia akan membimbing kita melalui hikmat ilahi-Nya. Sesungguhnya, melalui hikmat-Nya kita akan melihat arahan-Nya dan menikmati kemenangan-Nya.

Pokok Doa:
Berdoa agar kita memiliki suatu hubungan yang akrab dengan Tuhan dan hikmat ilahi di dalam segala aspek kehidupan kita. (Amsal 4:5)

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages