Mencari Manna Di Pagi Hari






Rabu, 2 Oktober 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Zefanya 1-3

Zefanya 3:5 (TB)  Tetapi TUHAN adil di tengah-tengahnya, tidak berbuat kelaliman. Pagi demi pagi Ia memberi hukum-Nya; itu tidak pernah ketinggalan pada waktu fajar. Tetapi orang lalim tidak kenal malu!

Kembali Tuhan menunjukkan betapa indahnya mengalami persekutuan bersama-Nya di pagi hari. "Pagi demi pagi Ia memberi hukum-Nya; itu tidak pernah ketinggalan pada waktu fajar".
Dalam kisah perjalanan bangsa Israel di padang gurun, setiap pagi Tuhan memberikan manna, yaitu roti yang turun dari sorga untuk memelihara bangsa Israel. Sesungguhnya roti sorga yang dimaksud saat ini bukanlah makanan jasmani, melainkan makanan rohani yaitu firman Tuhan.
Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Mengapa waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan?

1. Tubuh dan pikiran kita lebih segar setelah semalam beristirahat.
Tentu saja harus memiliki komitmen, sebab bila tidak tubuh akan lebih suka bangun siang. Setelah bangun tidur, minum air putih, cuci muka atau mandi supaya rasa kantuk hilang dan dapat menghadap hadirat Tuhan dengan segar.

2. Firman Tuhan menjadi inspirasi sepanjang hari.
Kita membutuhkan makanan rohani untuk menjalani sepanjang hari yang penuh tantangan dan pergumulan. Firman Tuhan akan menjadi inspirasi sepanjang hari. Seringkali rhema firman Tuhan yang kita baca dan renungkan di pagi hari menjadi kekuatan, motivasi dan ispirasi sepanjang hari. Banyak orang inspirasi hidupnya berasal dari berita-berita dari media sosial. Jujur saja berita yang kita terima seringkali membuat kita takut dan kuatir karena sebagian besar adalah berita yang negatif. Tetapi jika kita merenungkan firman Tuhan, kita mendapatkan kabar baik yaitu hukum-hukum Tuhan atau kehendak Tuhan dalam hidup kita setiap pagi.

Yesaya 50:4 (TB)  Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Bagi beberapa orang waktu pagi harus berjibaku untuk mengurus urusan rumah tangga, anak-anak dan persiapan bekerja atau sekolah. Bagaimana mengatasinya? Ya ... tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Manna yang Tuhan sediakan bagi bangsa Israel akan meleleh apabila kena panas sinar matahari. Demikian pula waktu membaca dan merenungkan firman Tuhan, dilakukan sebelum fajar terbit.

Markus 1:35 (TB)  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Yesus memberikan teladan bagaimana pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap bersekutu dengan Bapa di Sorga. Ia berkomunikasi dan mendengarkan kehendak Bapa. Demikian kita, Tuhan rindu setiap pagi kita bersekutu dan menerima rhema firman Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages