Berbuah Lebih Dari Rata-rata




Selasa, 22 Oktober 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Markus 10-12

Markus 11:13 (TB)  Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.

Mengapa Yesus mengutuk pohon ara? Apakah ada yang salah dengan pohon ara itu? Bukankah memang bukan musim buah ara, wajar saja bila tidak berbuah? Tetapi mengapa Yesus kecewa mendapati pohon ara tidak berbuah dan mengutuknya?

Pohon ara mempunyai 2 musim berbuah. Musim pertama adalah musim berbuah besar-besaran terjadi antara bulan Juli sampai dengan Agustus. Semua pohon ara di musim ini pasti berbuah. Tetapi musim kedua adalah hanya sebagian kecil (sedikit saja) pohon ara yang bisa berbuah, terjadi antara bulan Januari sampai dengan Pebruari. Diperkirakan Yesus menjumpai pohon ara di musim ini, yaitu rata-rata pohon ara tidak berbuah.

Pelajaran apa yang dapat kita petik dari kisah tersebut?
Yesus menghendaki hidup kita berbuah lebih dari rata-rata!

1. Jangan hanya menjadi orang Kristen yang baik, yang setia beribadah setiap minggu. Tetapi jadilah orang Kristen yang hidup dalam panggilan dan rencana Allah, melakukan pelayanan serta menjadi berkat bagi banyak orang.

2. Jangan hanya melakukan pelayanan seperti kebanyakan orang, tetapi memiliki hubungan yang intim setiap hari yaitu saat teduh setiap pagi. Menyembah, membaca dan merenungkan firman Tuhan dan berdoa.

3. Jangan hanya menjadi orang Kristen yang memberi persembahan setiap minggu, melainkan taat dan setia mengembalikan persepuluhan serta menabur baik melalui pekerjaan Tuhan maupun menolong orang lain.

4. Jangan terlambat datang ibadah, tetapi datanglah lebih awal. Jika datang tepat waktu dalam ibadah adalah rata-rata, maka datang lebih awal sebelum jam ibadah dimulai adalah di atas rata-rata supaya bisa berdoa dan menyiapkan hati dalam ibadah.

Matius 5:41 (TB)  Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.


Jangan menjadi orang Kristen rata-rata, jadilah orang Kristen yang berbuah lebih dari rata-rata. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages