Berkata Dengan Bijaksana



Minggu, 13 Oktober 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Matius 10-12

Matius 12:36 (TB)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Seringkali kita menganggap remeh perkataan yang kita ucapkan, mungkin karena kita berpikir itu belum kita lakukan. Pesan firman Tuhan pagi ini, setiap perkataan akan kita pertanggungjawabkan di hari penghakiman.

Beberapa hari ini banyak orang terjerat kasus hukum karena menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian tentang penusukan teroris terhadap seorang menteri yang sedang bertugas. Perbuatan mereka telah melanggar UU ITE dan para suami mereka telah dinyatakan melanggar disiplin militer, dicopot dari jabatannya dan dimasukkan dalam penjara selama 14 hari. Pelajarannya berhati-hatilah dalam berkata-kata terlebih di ramah publik seperti sosial media.

Bagaimana agar kita dapat berkata-kata dengan bijaksana?

1. Berkatalah dengan jujur.
Matius 5:37 (TB)  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

2. Bersihkan hati Anda, sebab perkataan meluap dari hati.
Matius 12:35 (TB)  Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.

3. Berpikirlah sebelum berkata-kata.
Yakobus 1:19 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.

4. Buanglah kebiasaan dan hindari perkataan kotor dan sia-sia.
Kolose 3:8 (TB)  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

5. Jangan bergaul dengan orang-orang yang suka berkata-kata kotor.
1 Korintus 15:33 (TB)  Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

6. Pakai perkataan untuk membangun dan memuliakan Tuhan menjadi kebiasaan untuk mencegah perkataan kotor.
Efesus 4:29 (TB)  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.


Amsal 18:21 (TB)  Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.
Jangan lagi ada perkataan kotor dan sia-sia yang kita ucapkan. Marilah kita menguasai perkataan kita supaya tidak menjadi jerat yang menjatuhkan dan membuat kita menerima hukuman baik di dunia maupun di sorga. Kiranya renungan pagi ini menjadikan kita semakin bijaksana dalam berkata-kata. Selamat hari Minggu, selamat beribadah ... Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages