Mata Tuhan Mengawasi Seluruh Bumi



Sabtu, 5 Oktober 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 4-6

Zakharia 4:10 (BIMK)  Ada yang meremehkan peristiwa ini. Tetapi mereka akan melihat Zerubabel melanjutkan pembangunan Rumah-Ku, dan mereka akan bergembira." Malaikat itu berkata kepadaku, "Ketujuh lampu itu adalah ketujuh mata TUHAN yang mengawasi seluruh muka bumi."

Salah satu perkakas yang penting dalam Bait Suci adalah kandil emas yang memiliki tujuh lampu. Semua detail kandil emas ini disampaikan oleh Tuhan kepada Musa dalam kitab Keluaran. Tetapi dalam kitab Keluaran tidaklah disampaikan artinya. Ternyata kita mendapatkan arti ketujuh lampu kandil emas itu yaitu ketujuh mata Tuhan yang mengawasi seluruh bumi. (Zakharia 4:10)

Apakah yang dapat kita pelajari mengenai ketujuh lampu tersebut?

1. Tuhan Maha Tahu
Angka tujuh dalam Alkitab menggambarkan kesempurnaan. Misal Tuhan beristirahat pada hari Sabat (hari ketujuh), berarti Tuhan telah menciptakan bumi dan segala isinya dengan sempurna. Tentang ketujuh mata Tuhan mengawasi seluruh bumi artinya Tuhan mengetahui semua yang terjadi di segala tempat dan segala waktu. Kemahatahuan Tuhan adalah sempurna. Bahkan Tuhan tahu semua yang telah terjadi, sedang dan belum (akan) terjadi di waktu yang akan datang.

2. Menyadarkan kita untuk takut akan Tuhan.
Oleh sebab Tuhan Maha Tahu, tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, maka menyadarkan kita untuk memiliki sikap yang takut akan Tuhan. Apa artinya?
a. Hormat atau respek terhadap Tuhan
Kita menghormati dan taat kepada Tuhan akan kekudusan dan Kemahatahuan-Nya.
b. Jujur akan kehidupan kita
Baik semua yang kita pikirkan, katakan atau perbuat semua Tuhan tahu. Tidak ada sesuatu yang bisa kita sembunyikan di hadapan Tuhan. Itulah sebabnya kita harus mengaku segala dosa kita di hadapan Tuhan.
c. Menjauhkan dosa dari hidup kita.
Takut akan Tuhan juga berarti takut (tidak berani) berbuat dosa karena Tuhan mengetahui sekalipun dalam kesendirian dan tak seorang pun yang tahu.

Inilah pengalaman Daud bersama Tuhan yang membuatnya senantiasa takut akan Tuhan dan mengakui segala dosanya.
Mazmur 139:7-8 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.


Biarlah renungan kita menyadarkan kita untuk senantiasa takut akan Tuhan sebab mata Tuhan senantiasa mengawasi seluruh bumi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages