Persahabatan Dua Raja




Senin, 8 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 7-9

1 Raja-raja 9:11 (TB)  Oleh karena Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu aras, kayu sanobar, dan emas, sebanyak yang dikehendakinya, maka pada waktu itu raja 

Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di negeri Galilea.
Hiram, raja Tirus telah menunjukkan persahabatan dengan raja Daud maupun raja Salomo.

1. Persahabatan dalam bisnis.
Hiram, raja Tirus telah membuat perjanjian dagang dengan Daud dan diteruskan kepada Salomo. Raja Salomo juga membuat kapal-kapal yang besar dengan bantuan Hiram dan anak-anak buahnya yang tahu tentang laut, menyertai anak buah Salomo.

2. Persahabatan yang mendatangkan berkat.
Hiram, raja Tirus menunjukkan komitmennya lebih dari sekedar perjanjian dagang. Ia menyediakan kayu aras, kayu sanobar dan emas sebanyak yang dikehendaki Salomo. Hiram menempatkan persahabatan melebihi harta kekayaan sehingga seringkali memberikan persembahan emas yang sangat banyak kepada raja Salomo (1 Raja 9:14, 28).

3. Persahabatan yang mensukseskan pembangunan Bait Suci dan istana Salomo.
Ketika Musa membangun Kemah Suci, Tuhan memakai Bezaleel dan Aholiab dengan keahlian dari Tuhan untuk mewujudkan detail Kemah Suci. Semua material berasal dari persembahan bangsa Israel. Tetapi ketika Salomo membangun Bait Suci dan istana Salomo, Tuhan memakai Hiram, raja Tirus bersama anak buahnya untuk membangunnya. Hiram, raja Tirus memberikan persembahan material yang sangat banyak untuk pembangunan Bait Suci dan istana Salomo.

Menurut beberapa sumber Hiram dan kerajaan Tirus bukan berasal dari Israel, tetapi negeri yang tunduk di bawah pemerintahan raja Daud dan raja Salomo. Sehingga dapat disimpulkan Tuhan bisa memakai bangsa lain untuk bersahabat dan memberkati umat Tuhan.

Jadi apakah yang bisa kita pelajari sebagai umat Tuhan?
1. Bangunlah persahabatan dengan semua orang atas dasar kasih.
2. Bangunlah relasi bisnis dengan semua kalangan baik etnis, budaya maupun agama tanpa membedakan latar belakangnya.
3. Tuhan bisa memakai orang di luar gereja untuk memberkati pekerjaan Tuhan.

Yesaya 60:5 (TB)  Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.

Jangan membatasi diri dengan berkat yang kita terima, sebab Tuhan sanggup mendatangkan kekayaan bangsa-bangsa kepada kita. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages