Memanipulasi Pelayanan Kenabian



Rabu, 10 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja 13-15

1 Raja-raja 13:18 (TB)  Lalu jawabnya kepadanya: "Aku pun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya.

Adalah seorang abdi Allah (nabi muda) dari Yehuda, tidak disebutkan namanya, dipakai oleh Tuhan untuk bernubuat kepada raja Yerobeam. Melalui abdi Allah ini Tuhan membuat tanda ajaib yaitu mengenai mezbah yang pecah dan tanda ajaib itu digenapi. Tuhan memerintahkan agar ia jangan singgah dan makan roti di negeri itu. Sekalipun raja Yerobeam memaksanya untuk singgah, ia tetap taat kepada Tuhan. Namun ketika ada nabi tua yang datang dan memanipulasi firman Tuhan, ia tertipu dan mengikuti ajakan nabi tua tersebut untuk makan roti dan minum air di negeri itu, sehingga ia menerima hukuman dari Tuhan karena ketidaktaatannya.

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?

1. Abdi Allah (nabi muda) kurang berpengalaman.
Sebenarnya abdi Allah ini dipakai Tuhan dengan tajam dan Tuhan memberinya kuasa untuk mendatangkan mujizat. Namun sebagai abdi Allah yang muda ia kurang berpengalaman. Ia merasa masih muda dan memandang kalau nabi yang sudah tua pasti lebih rohani, lebih benar dan lebih dipakai Tuhan. Akhirnya ia mengabaikan perintah Tuhan kepadanya dan mengikuti bujukan nabi tua, padahal nabi tua tersebut berbohong atas nama Tuhan. Kemungkinan juga ia memiliki rasa sungkan atau rasa tunduk yang berlebihan kepada senioritas. Tuhan memang menempatkan kita di bawah otoritas, tetapi bila otoritas di atas kita menyuruh kita melanggar firman Tuhan, kita diberi pilihan untuk tidak mentaati perintah manusia.

2. Nabi tua memanipulasi firman Tuhan dan menyesatkan.
Sangat disesalkan nabi yang sudah senior ini berbohong atas nama Tuhan. Ia telah menciderai pelayanan kenabian dan menyesatkan orang lain. Bisa juga dikatakan bahwa nabi tua ini adalah nabi palsu. Pelayanannya tidak layak diteladani. Ia tidak membimbing yang masih muda tetapi justru menjerumuskannya. Kemungkinan besar ia tidak mau tersaingi oleh pelayanan abdi Allah yang dipakai Tuhan dengan luar biasa sehingga timbul niat jahat yang dibungkus secara rohani untuk menyingkirkan abdi Allah tersebut.

Sebagai pelayan Tuhan yang masih muda belajarlah banyak bahwa tidak semua orang di dunia ini jujur. Usia yang senior dan lamanya pelayanan bukan merupakan jaminan ketaatan seseorang kepada Tuhan.

1 Korintus 13:9 (TB)  Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.
1 Tesalonika 5:21 (TB)  Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Tidak ada pengetahuan dan nubuat yang sempurna. Jangan terpesona oleh manisnya kata-kata nubuat atau karisma seorang nabi, tetapi ujilah segala sesuatu berdasarkan firman Tuhan. Jika ada pesan kenabian atau nubuat yang tidak sesuai dengan firman Tuhan, besar kemungkinan itu nabi palsu. Demikian pula jika ada yang menyatakan diri sebagai nabi tetapi hidupnya tidak sesuai firman Tuhan, ia tidak layak untuk diikuti.

1 Yohanes 4:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Di akhir zaman ini banyak orang yang menyatakan diri sebagai nabi tetapi bukan utusan Tuhan, tujuan mereka adalah untuk menyesatkan orang-orang percaya. Waspadalah dan ujilah setiap nubuat atau pengajaran dengan firman Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan Yesus memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages