Arjuna Pencinta Wanita



Selasa, 9 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 10-12

1 Raja-raja 11:3 (TB)  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Dalam dunia pewayangan ada tokoh Arjuna yang dikenal memiliki banyak istri. Karena karakternya yang cerdik dan pandai, sopan, berani dan melindungi wanita maka ia membuat para wanita jatuh hati dan "klepek-klepek" sehingga Arjuna memiliki banyak istri.

Salomo dikenal memiliki hikmat dan kekayaan yang luar biasa. Seluruh raja dari berbagai kerajaan dan negeri menyaksikan hikmat Salomo dan mereka memberikan hadiah atau persembahan berupa harta kekayaan bahkan mereka memberikan anak-anak raja untuk diperistri oleh Salomo.

Apakah bukti bahwa Salomo adalah pencinta wanita?
1 Raja-raja 11:1 (TB)  Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het.
1 Raja-raja 11:2b ... Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.
1 Raja-raja 11:3 (TB)  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Salomo mencintai banyak wanita, bahkan jumlahnya tertulis dengan jelas 700 istri dan 300 gundik! Para wanita itu lebih menarik hati Salomo daripada TUHAN.

1. Salomo mengutamakan seleksi lahirilah.
Salomo tentu tidak memilih wanita-wanita biasa. Ia mencintai perempuan asing yaitu anak-anak raja, yang memiliki kemolekan tubuh dan daya tarik seksual. Memang secara universal pria tertarik kepada wanita yang memiliki penampilan yang menarik. Tetapi jika hanya lahirilah yang diutamakan akan membuat kita jatuh ke dalam dosa.

2. Salomo mengabaikan seleksi rohaniah.
Sesungguhnya TUHAN telah berpesan agar tidak bergaul dan memperistri perempuan-perempuan kafir yang tidak menyembah kepada TUHAN (1 Raja-raja 11:2). Tetapi Salomo mengabaikan perintah Tuhan, karena keinginan daging dan keinginan matanya lebih mencintai wanita.
Akibat mengabaikan seleksi rohaniah ini membuat Salomo menjauh dari TUHAN.
1 Raja-raja 11:4, 8 (TB)  Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka.

Ketika kita membahas topik ini sesungguhnya bukan saja para pria yang bisa jatuh dalam dosa. Para pria bisa jatuh karena mencintai kecantikan dan daya tarik seksual. Tetapi para wanita juga bisa jatuh dalam dosa karena mencintai pria yang memiliki ketampanan, keperkasaan, kenyamanan dan kekayaan. Oleh sebab itu pesan ini juga berlaku baik bagi pria maupun wanita.
Jangan mengutamakan seleksi lahirilah dan mengabaikan seleksi rohaniah. Dalam memilih jodoh hendaklah mengutamakan seleksi rohaniah terlebih dahulu, baru kemudian seleksi lahirilah. Hal ini akan melindungi agar hati kita lebih tertarik kepada Tuhan daripada pasangan hidup.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages