Doa Yabes




Minggu, 21 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 1-6

1 Tawarikh 4:9-10 (TB)  Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."
Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Kehidupan masa kecil dan masa lalu Yabes penuh dengan penderitaan. Dilihat dari arti nama Yabes juga sangat mengenaskan. Pada umumnya setiap orang tua memberi nama dengan arti yang baik untuk anak-anaknya. Tetapi Yabes diberi nama dengan arti "aku telah melahirkan dengan kesakitan". Kemungkinan Yabes terlahir dalam keadaan difabel sehingga dalam doanya ia berseru untuk kesembuhannya. Seluruh silsilah Yehuda hanya disebutkan namanya, tetapi tentang Yabes dituliskan dalam dua ayat yang melukiskan kisah hidupnya, singkat, padat dan sangat berisi.

Sekalipun Yabes terlahir sangat menderita, tetapi ia adalah sosok yang teguh, antusias dan tidak pernah menyerah. Yabes percaya bahwa Tuhan bisa mengubahkan segalanya. Oleh sebab itu ia berseru dalam doanya, yang sering dikenal sebagai doa Yabes. Apa saja isi doa Yabes?

1. Kiranya Engkau memberkati aku dengan berlimpah-limpah.
2. Kiranya Engkau memperluas daerahku.
3. Kiranya tangan-Mu menyertai aku dan melindungi aku daripada malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa aku!

Doa Yabes adalah seruan iman seseorang yang dalam keadaan menderita dan tersisihkan. Tetapi Tuhan adalah setia yang menjawab doa Yabes. Ditulis dalam ayat tersebut "Dan Allah mengabulkan permintaannya itu." Yabes lebih dimuliakan (diberkati) daripada saudara-saudaranya.

Yesaya 59:1 (TB)  Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar.

Ada pepatah mengatakan Tuhan hanya sejauh doa. Di saat mengalami pergumulan, penderitaan dan tantangan, datanglah kepada Tuhan dan berseru dalam doa. Tuhan pasti mendengar dan menjawab doa Anda. Doa Yabes juga bisa menjadi inspirasi doa Anda setiap hari. Selamat hari Paskah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages