Penyembah Yang Diberkati




Kamis, 25 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 16-18

1 Tawarikh 16:37-38 (TB)  Lalu Daud meninggalkan di sana di hadapan tabut perjanjian TUHAN itu Asaf dan saudara-saudara sepuaknya untuk tetap melayani di hadapan tabut itu seperti yang patut dilakukan setiap hari;
juga Obed-Edom dan saudara-saudara sepuaknya yang enam puluh delapan orang itu; Obed-Edom bin Yedutun dan Hosa adalah penunggu-penunggu pintu gerbang.

Nama Obed Edom mencuat ketika Daud menaruh tabut Allah di rumahnya, sesaat sesudah Tuhan membunuh Uza karena mengulurkan tangannya untuk memegang tabut Allah. Saat Daud dan semua orang Israel takut karena peristiwa tersebut, justru ketika tabut Allah diletakkan di rumah Obed Edom, ia dan seisi rumahnya diberkati Tuhan.

Siapakah Obed Edom, apa yang telah dilakukannya dan mengapa Daud mengangkatnya untuk melayani di hadapan tabut Allah setiap hari?

1. Silsilah Obed Edom dari keluarga penyembah.
Obed Edom berasal dari keluarga Yedutun, dari suku Lewi yang diangkat oleh Daud menjadi pemusik untuk melayani di Kemah Suci. Banyak mazmur Daud yang dinyanyikan dengan diiringi oleh Yedutun. Dengan demikian Obed Edom berasal dari keluarga penyembah. Penyembahan merupakan gaya hidup yang diwariskan oleh orang tuanya.

2. Obed Edom menyembah Tuhan saat tabut Allah diletakkan di rumahnya.
Obed Edom sadar bahwa tabut Allah adalah lambang kehadiran Allah di tengah umat-Nya, sehingga satu-satunya hal yang patut dilakukan adalah menyembah Tuhan di hadapan Tabut Allah. Saat Daud dan bangsa Israel masih trauma dengan peristiwa Peres Uza, justru Obed Edom bersukacita dan diberkati saat menyembah Tuhan.

3. Obed Edom tahu cara memelihara tabut Allah.
Salah satu alasan Daud mengangkat Obed Edom menjadi pelayan di Kemah Suci selain ia dari keturunan Lewi adalah Obed Edom tahu caranya memelihara tabut Allah. Selama tiga bulan lamanya Obed Edom memelihara tabut Allah dengan cara memberikan penyembahan yang berkenan kepada Tuhan.
1 Tawarikh 13:14 (TB)  Tiga bulan lamanya tabut Allah itu tinggal pada keluarga Obed-Edom di rumahnya dan TUHAN memberkati keluarga Obed-Edom dan segala yang dipunyainya. 

Kita tentu merindukan seisi rumah kita diberkati seperti Obed Edom. Tetapi maukah kita membayar harganya? Maukah kita menguduskan diri dan menyembah Tuhan setiap hari? Biarlah kisah Obed Edom menginspirasi kita, tujuan utama Tuhan menciptakan manusia adalah untuk menyembah-Nya. Itulah sebabnya kita bisa menyanyi bahkan roh kita diciptakan khusus untuk menyembah Tuhan. Marilah kita membangun hidup kita menjadi penyembah sehingga kita menerima segala berkat terbaik yang Tuhan sediakan. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages