Pemimpin Membangun Pemimpin



Selasa, 23 April 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 10-12

1 Tawarikh 12:21-22 (TB)  Mereka ini membantu Daud melawan gerombolan, sebab mereka semua adalah pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa dan kepala dalam tentara.
Dari hari ke hari orang datang kepada Daud untuk membantu dia sehingga mereka menjadi tentara yang besar, seperti bala tentara Allah.

Daud menjadi seorang pelarian ketika Saul mengejar Daud untuk membunuhnya. Tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap, tidak memiliki fasilitas atau properti dan selalu dalam bahaya. Anehnya banyak orang-orang tergerak mengikuti Daud dan menjadikan Daud sebagai pemimpin mereka. Bahkan di antara mereka adalah para pahlawan yang gagah perkasa dan kepala para tentara.
Apa yang membuat para pahlawan dan orang-orang mengikuti Daud, sekalipun tidak tinggal di istana dan selalu dalam keadaan bahaya?

1. Orang baik dikelilingi orang baik.
Para pengikut melihat bahwa Daud adalah orang yang baik. Meskipun Saul mengejar Daud untuk membunuhnya tetapi Daud berulangkali melepaskan kesempatan untuk membunuh Saul. Daud sangat menghormati orang yang diurapi Tuhan.
Daud adalah seorang pemimpin yang ramah dan berempati. Daud peduli, menghibur, mengajar dan memberi semangat kepada orang-orang yang lemah.
1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.
Orang jahat akan berkumpul dengan orang jahat, sebaliknya orang baik akan menyatu dengan orang baik.

2. Kepemimpinan adalah pengaruh.
Daud berhasil memberi pengaruh yang positif kepada pengikutnya. Banyak di antara mereka mengalami perubahan hidup setelah hidup bersama dengan Daud. Orang-orang yang bersama Daud di gua Adulam dimuridkan sehingga menjadi pahlawan yang gagah perkasa.
Pemimpin jahat memberikan pengaruh jahat kepada pengikutnya, sebaliknya pemimpin yang baik memberikan pengaruh yang baik kepada pengikut. Daud bukan menjadikan orang-orang di sekitarnya menjadi pengikut, tetapi Daud membangun para pemimpin dan pahlawan. Jika Daud hanya membangun pengikut, maka ia hanya memiliki tim yang lemah. Tetapi Daud membangun pemimpin dan pahlawan sehingga terjadi multiplikasi para pemimpin dalam tim yang dibangun oleh Daud.

3. Otoritas dan pengurapan dari Tuhan.
Salah satu yang membedakan kepemimpinan Kristen dengan dunia adalah otoritas dan pengurapan dari Tuhan. Kepemimpinan Kristen mendapatkan otoritas dan pengurapan dari Tuhan. Oleh sebab itu Daud memiliki wibawa ilahi sehingga disegani dan dihormati oleh orang-orang di sekitarnya bahkan oleh para musuhnya.
Daud mendapatkan otoritas dan pengurapan dari Tuhan sebab ia bergaul erat dengan Tuhan, sehingga ia memiliki hikmat dan kuasa dalam bertindak.
Mazmur 25:14 (TB)  TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.
Jika Anda adalah pemimpin, jangan lupa selalu terhubung dengan sumber otoritas dan pengurapan Anda. Jangan melewatkan saat teduh dan merenungkan firman-Nya. Tetaplah setia untuk melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkat kepemimpinan adalah relatif. Jangan langsung membayangkan ketika Anda menjadi pemimpin langsung dikuti oleh banyak orang. Kepemimpinan dimulai dari diri sendiri. Mampukah Anda memimpin dan mengendalikan diri Anda? Mampukah Anda memimpin keluarga dengan baik? Mampukah Anda memimpin tim atau kelompok yang Tuhan percayakan kepada Anda?
Barangsiapa setia dalam perkara kecil, kepadanya akan dipercayakan tanggung jawab yang lebih besar.
Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages