Rahasia Doa Yang Dijawab Tuhan



Sabtu, 4 Nopember 2017

Yohanes 15:7 (TB) Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Kita tentu pernah mengalami doa yang dijawab Tuhan dan doa yang tidak dijawab Tuhan. Bahkan kita masih menantikan doa yang tidak dijawab Tuhan sehingga timbul keraguan apakah Tuhan masih peduli dengan permohonan kita karena sudah sekian lamanya belum dijawab.

Berikut ini kita akan merenungkan Yoh 15:7 yaitu apa rahasia doa yang dijawab Tuhan.

1. Bila kita bersekutu dengan Tuhan.

Persekutuan yang dimaksud bukanlah seminggu sekali saat kita ke gereja tetapi hubungan pribadi yang dibangun setiap hari. Kita mengenal seseorang dengan baik bila kita sering bergaul. Demikian kita akan mengenal Tuhan lebih intim bila kita selalu bersekutu dengan-Nya. Kita bisa mengenal pribadi-Nya dan kehendak-Nya. Seseorang berkata "Anda akan menjadi seperti yang Anda sembah". Bila kita menyembah Tuhan, pribadi dan kehendak kita akan diselaraskan dengan Tuhan sehingga permohonan doa kita akan selaras dengan kehendak-Nya. Dalam hal inilah doa kita dikabulkan bila doa kita seperti kehendak Tuhan. Doa Bapa Kami menyebut, "Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga".

2. Bila kita melakukan Firman Tuhan.

Firman Tuhan adalah penuntun dan pedoman kehidupan kita. Bila kita melakukan Firman Tuhan maka hidup kita menjadi seperti yang Tuhan kehendaki. Firman Tuhan adalah penguji bagi setiap doa kita. Artinya setiap doa yang tidak sesuai dengan Firman-Nya pasti tidak akan dikabulkan. Kehidupan pribadi yang melakukan Firman Tuhan adalah menyenangkan Tuhan. Bila Tuhan disukakan dengan kehidupan kita, terlebih sesuai dengan kehendak-Nya , pastilah doa kita akan dikabulkan oleh Tuhan.

3. Meminta kepada Tuhan
Seringkali ada orang yang berkata kita tidak perlu meminta sebab Tuhan mengenal kebutuhan kita. Ya itu separuh kebenaran, tetapi Tuhan juga berkata agar kita meminta yaitu permohonan yang sesuai dengan kehendak-Nya. Jadi mintalah bukan berdasarkan keinginan daging tetapi berdasarkan keinginan Roh dan kebutuhan yang sesuai dengan firman Tuhan.

Matius 7:7 (TB) "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Seringkali jawaban doa berupa langsung, tunggu waktu atau ditolak. Bila kita menghidupi tiga hal tersebut maka kita akan mengenal bagaimana Tuhan akan menjawab doa kita. Bila Tuhan meminta kita untuk menunggu waktu-Nya pastilah Tuhan akan memberikan peneguhan dan iman. Bersiaplah menantikan jawaban doa-doa Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages