Ori Atau KW



Selasa, 21 Nopember 2017

Roma 12:2 (TB) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Seseorang datang ke bengkel untuk mengganti sparepart motornya. Penjual bertanya, "Mau yang ori atau KW?" Pembeli menjawab, "Yang KW saja, duit lagi mepet nih."
Dari percakapan tadi apakah yang bisa kita pelajari. Ori kependekan dari orisinil atau barang asli, biasanya kualitas terbaik, awet dan mahal. Sedangkan KW kependekan dari Kwalitas (kualitas), ada KW 1, KW 2 dan KW 3. KW adalah barang tiruan, bentuknya sama tetapi palsu, kualitasnya makin menurun dari KW 1, KW 2 dan KW 3. Barang KW jauh lebih murah tetapi kurang awet.

Ilustrasi di atas sesungguhnya menggambarkan kehidupan rohani kita. Firman Tuhan menghendaki kita agar jangan menjadi serupa dengan dunia ini. Tetapi harus semakin bertumbuh dalam kemurnian, semakin bisa membedakan mana yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Apakah saat ini kehidupan kekristenan kita ori atau KW?

Beberapa hal yang membedakan kehidupan kita apakah ori atau KW:

1. Esensi atau agamawi
Esensi keimanan kita adalah hubungan dengan Tuhan. Sedangkan agamawi adalah mentaati peraturan tetapi tidak memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan.
Banyak orang Kristen aktif dalam pelayanan tetapi tidak mengalami hubungan yang intim dengan Tuhan melalui saat teduh. Kristen yang demikian adalah Kristen KW.

2. Otentik atau kepalsuan
Otentik artinya murni, tidak ada kepura-puraan, tidak menggunakan topeng, jujur dan apa adanya. Sedangkan orang Kristen yang KW hidup dalam kepura-puraan. Bila berada di lingkungan gereja menjadi seperti malaikat yang kudus, tetapi bila berada di lingkungan dunia menjadi seperti setan yang jahat baik dalam perkataan maupun perbuatan.
Demikian pula bisa dilihat dari motivasi pelayanan kita apakah murni untuk mengasihi Tuhan atau adakah motivasi tersembunyi untuk diri sendiri.

Untuk menjadi semakin murni kita harus bertumbuh ke arah Kristus.
Kolose 2:7 (TB) Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Jangan menjadi Kristen KW, tetapi jadilah Kristen ori yang semakin serupa Kristus, semakin kuat dan semakin mahal / bernilai hidup Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages