Pengaruh Lingkungan



Senin, 27 Nopember 2017

1 Korintus 15:33 (TB) Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Dalam dunia biologi kita mengenal istilah adaptasi, yang terdiri dari adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. Setiap makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Adaptasi negatif terjadi apabila makhluk hidup mengalami penurunan kualitas, misalnya ikan yang dapat bertahan di air yang mengandung limbah, tubuhnya akan tercemar oleh limbah tersebut. Sebaliknya ada adaptasi positif, apabila ikan tersebut menghindari perairan yang berlimbah dan mencari daerah yang masih bersih.

Manusia sebagai makhluk hidup juga memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungannya.
Terhadap lingkungan yang buruk, ada dua tren adaptasi yang terjadi, yaitu:
1. Adaptasi negatif
Terjadi apabila manusia menjadi sama dengan lingkungannya. Bila lingkungan buruk, manusia menjadi buruk. Contoh bila memiliki teman-teman pengguna narkoba, adaptasinya menggunakan narkoba. Bila bergaul dengan teman-teman yang suka berkata-kata kotor, akan terbiasa mengucapkan kata-kata kotor.
2. Adaptasi positif
Terjadi apabila manusia menjadi berbeda dengan lingkungannya. Contoh bila memiliki teman-teman pengguna narkoba, adaptasinya adalah meninggalkan mereka dan tidak bergaul dengan mereka. Dalam Alkitab ada contoh ketika istri Potifar selalu merayu Yusuf, maka Yusuf memilih meninggalkannya dan lari supaya tidak jatuh dalam dosa perzinahan.

Terhadap lingkungan yang baik, mendekatlah dan dapatkan pengaruh yang baik dari lingkungan tersebut. Tetapi bila lingkungannya buruk, jauhilah dan hindarilah supaya tidak terkena pengaruh yang buruk. Kebiasaan baik yang sudah dibangun bisa menjadi rusak bila terus-menerus bergaul dengan orang-orang yang jahat.

Roma 12:2 (TB) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Seseorang berkata, "Tunjukkan kepadaku lima orang temanmu dan saya akan menunjukkan masa depanmu." Dengan siapa kita bergaul mempengaruhi masa depan kita. Bergaulah dengan orang-orang yang rajin, takut akan Tuhan, maka Anda akan mendapat berkat dari pergaulan Anda. Anak yang bodoh bergaul dengan anak-anak yang pintar, akan menjadi rajin dan lebih pintar. Bergaullah dengan orang-orang yang hidup benar dan giat dalam pelayanan, maka akan membuat Anda bertumbuh semakin baik. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages